6 Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya!

6 Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya! (ilustrasi rumah ber AC)
6 Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya! (ilustrasi rumah ber AC)
0 Komentar

TEKNOLOGI – Selama beberapa bulan ke belakang, udara di Indonesia terasa sedang panas. Tanpa AC, rasanya tetap panas tidur malam hari. Tidur di malam hari, dengan AC yang kurang dingin, juga terasa begitu panas.

Menurut pakarnya, ternyata ada enam alasan kenapa AC tidak dingin. Berikut seperti dirangkum dari Urban Company via Fin

6 Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya!

1. Salah setting thermostat

Baca Juga:Hukum Tidur Saat Puasa Menurut Islam, Boleh Asalkan…Dijuluki Kades Tercantik dan Termuda, Begini Pesona Rendyta Witrayani Setiawan!

Kadangkala, kita kurang menyadari bahwa kita salah men-setting AC. Bukan hanya menyalakan Fan semata.

2. Filter udara yang kotor

Salah satu alasan kenapa AC tidak lagi dingin adalah, lantaran filter udaranya penuh dengan debu. Hal tersebut bisa mengganggu kinerja evaporator, menyebabkan AC tidak lagi dingin.

3. Kondensor kotor

Apabila filter dan evaporator ada di dalam, kondensor ialah unit luarnya. Pada saat kondensor tersumbat, hal tersebut juga menjadi penyebab AC tidak bisa mendinginkan ruangan.

4. Kerusakan motor

Saat motor rusak, maka AC tidak bisa lagi menyerap panas dari dalam ruangan.

5. Freon bocor

Saat terjadi kebocoran, maka AC dengan otomatis kehilangan kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Hal ini mudah dikenali dengan terbentuk es pada pipa di unit luar AC Anda.

6. Kompresor rusak

Kompresor merupakan salah satu bagian penting dari AC Anda. Tugasnya adalah mengatur aliran freon antara evaporator dan kondensor.

Cara Agar Tidur Lelap di Malam yang Panas Tanpa AC

Di bawah ini, tips ahli agar lebih mudah tertidur, dan menjaga kualitas tidur di malam yang panas, seperti dilansir Healthline:

Baca Juga:Hukum Berkumur Saat Puasa Ramadhan, Menggunakan Penyegar! Boleh, Asal…Tech Hub Dukung Pembentukan Kedaulatan Digitalisasi Indonesia

• Hindari udara panas berkumpul di kamar tidur Di siang hari, tutup selalu jendela, gorden atau apapun yang dapat mengudang panas masuk

• Undang udara segar masuk Di malam harinya, saat udara di luar terasa sejuk, bukalahan jendela kamar Anda, dan biarkan leih banyak udara segar masuk menyejukan ruangan.

• Tidur di lantai Bukan benar-benar tidur di lantai, akan tetapi cobalah untuk meletakan kasur Anda tepat di atas lantai, untuk merasakan efek dingginnya lantai.

• Gunakan kipas angin Selama tidak diarahkan ke wajah dan bersih dari debu, pakar tidur Christabel Majendie, kipas angin adalah solusi terbaik pada kondisi yang demikian.

0 Komentar