Yuk Kenalan dengan Self-love, Demi Terjaganya Kesehatan Mental

Yuk Kenalan dengan Self-love, Demi Terjaganya Kesehatan Mental
Yuk Kenalan dengan Self-love, Demi Terjaganya Kesehatan Mental. Foto : pixabay
0 Komentar

Health Saat mendengar kata self-love atau mencintai diri sendiri apa yang terlintas dibenakmu? Self-love adalah mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri yang gunanya untuk kebahagiaan pada diri sendiri. Tetapi, ada beberapa orang yang menerjemahkan self-love dengan rasa percaya dan bangga terhadap kemampuan diri sendiri.

Bahkan, mencintai diri sendiri juga sangat penting untuk menggeluti dunia kerja yang tak gampang dilewati setiap harinya.

Kenali apa itu self-love, manfaatnya, serta bagaimana menerapkannya dalam kehidupan profesi.

Baca Juga:Catat! Ide Nama Bayi Perempuan Islami, Unik dan BermaknaMenakjubkan, 4 Keistimewaan Makan Sahur

Yuk Kenali dengan Self-love, Demi Terjaganya Kesehatan Mental

Apa Itu Self-love?

Dilansir dari Brain & Behavior Research Foundation, Self-love adalah apresiasi pada diri sendiri. Perasaan ini tumbuh dari kegiatan-kegiatan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual.

Dengan mencintai diri sendiri itu artinya kamu menghargai kesejahteraan dan kebahagiaanmu sendiri. Self-love dapat mencegah kamu dari menjadi people pleaser dan tahu hal-hal yang sehat untuk diri sendiri.

Kemudian, kamu dapat merasa purposeful dalam dunia kerja dan lebih merasa berenergi untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada.

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk mencintai dirinya. Namun, pada hakikatnya untuk mencintai diri sendiri, kamu harus memposisikan dirimu sebagai hal yang utama dan tidak mengorbankan diri untuk kesenangan orang lain.

Hal tersebut bukan berarti egois kemudian kamu juga harus menerima dirimu apa adanya dan menyayanginya.

Beberapa contoh umum dari self-love adalah:

  • berpikir baik pada diri sendiri
  • tidak menghakimi diri secara negatif
  • percaya pada kemampuan diri
  • menjaga kesehatan fisik dan mental
  • memaafkan diri jika melakukan kesalahan

Tips Menanamkan Self-love 

Menjadi Mindful

Baca Juga:Intip Asal-usul Nasi Kebuli Lengkap Beserta ResepnyaDeretan Resep Minuman Segar, Mudah Dibuat dan Enak untuk Berbuka Puasa

Seseorang yang mindful adalah orang yang peduli tentang apa yang mereka pikirkan, rasakan, dan inginkan.

Hal ini menurut Psychology Today adalah hal penting untuk dapat menumbuhkan kecintaan pada diri sendiri. Dengan mindfulness, kamu akan lebih mengenali keinginan diri dan tidak sering terpengaruh oleh keinginan orang lain yang diberatkan padamu.

Lakukan self-care

Self-care adalah merawat diri sendiri. Selalu penuhi kebutuhan dasarmu, karena ini sangat penting. Seperti, tidur yang cukup, makan yang sehat, olahraga, dan lakukan hubungan sosial yang baik.

0 Komentar