Terungkap! Ternyata Ini Alasan UPI Pilih Pindahkan Kampusnya ke Jalancagak Subang

Terungkap! Ternyata Ini Alasan UPI Pilih Pindahkan Kampusnya ke Jalancagak Subang
0 Komentar

SUBANG-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan pindah ke Subang. Saat ini tengah dilakukan berbagai persiapan untuk pemindahan kampus tersebut.

Namun ada yang membuat penasaran apa yang menjadi alasan pihak UPI memindahkan kampusnya ke Subang.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., MA membeberkan sejumlah alasan kenapa memilih Subang tepatnya di Jalancagak untuk membangun kampus UPI.

Baca Juga:Pilah-pilih Sekolah: Fasilitas Hingga Ekstrakurikuler di SMK PGRI SubangSelain Bangun Kampus UPI di Subang, Juga Akan Berdiri Rumah Sakit Bertaraf Internasional

Dia mengatakan, sebelum memilih Subang, telah melakukan survey ke wilayah Walini di Kabupaten Bandung Barat. Kemudian juga telah melakukan berbagai survey di sejumlah wilayah di Subang, seperti Ciater, Pantura dan Jalancagak.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya memilih di Jalancagak. Salah satu alasannya, dari sisi udara hampir mirip dengan kampus UPI yang di Bandung.

“Setelah nimbang-nimbang, ini keliatannya yang paling pas di daerah Jalancagak. Karena udaranya kan sejuk. Sebelas dua belas dengan yang di Bandung, yang di Ledeng itu,” ungkapnya dalam podcast Bincang-bincang Pasundan Ekspres.

Selain alasan itu, kata Prof Solehuddin, pendirian kampus seluas di Jalancagak sudah sesuai dengan RTRW Kabupaten Subang.

Dia mengatakan, banyaknya berbagai pembangunan proyek strategis nasional di Subang turut menjadi alasan pemindahakan kampus UPI ke Subang.

“Sekarang gini, ITB ada di Cirebon, Unpad ada di Pangandaran. Nah UPI coba di Subang ini, dengan harapan area covarage kita lebih ke daerah utara seperti Indramayu, Cirebon, Purwakarta, Subangnya sendiri dan Bekasi,” bebernya.(ysp)

0 Komentar