Anti Batal! Begini Cara Agar Kuat Puasa Seharian Penuh

Anti Batal! Begini Cara Agar Kuat Puasa Seharian Penuh (ilustrasi menahan lapar saat puasa)
Anti Batal! Begini Cara Agar Kuat Puasa Seharian Penuh (ilustrasi menahan lapar saat puasa)
0 Komentar

RAMADHAN – Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan fit selama menjalankan ibadah puasa, tentunya sangat diperlukan pada saat bulan Ramadhan.

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan seperti hari biasa saat tidak berpuasa. Oleh sebab itu, terdapat sejumlah tips agar tubuh kita tetap sehat dan bugar saat menjalani puasa pada bulan Ramadhan.

Ada lima cara agar kuat berpuasa, dari sekian banyak cara, seperti dilansir dari Jawapos, seperti di bawah ini:

Anti Batal! Begini Cara Agar Kuat Puasa Seharian Penuh

Baca Juga:Akhirnya, Google Luncurkan Tata Cara Pengaturan Privasi dan Keamanan Browser ChromeHengky: Selama Ramadhan Vaksinasi Digelar Siang dan Malam, Gerai Disiapkan di Sejumlah Lokasi

  1. Cukup minum air putih

Kita mempunyai dua kesempatan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama bulan Puasa. Dua kesempatan yang dimaksud ialah  jam sahur dan jam berbuka puasa.

Kedua waktu ini, waktu kita untuk memenuhi asupan air putih supaya  tubuh tetap terhidrasi dan sehat saat puasa di siang hari.

Sebaiknya konsumsi 2 liter air putih sewaktu jam buka puasa, sahur, atau di malam hari usai shalat tarawih. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi lemas saat puasa.

  1. Hindari makan dan minum berlebihan ketika berbuka puasa

Banyak dari kita ketika berbuka puasa cenderung memakan makanan yang ada di depan mata saking lapar dan dahaganya saat berpuasa

Kita tidak terfikir kemungkinan bahaya akan terjadi ketika tubuh menerima asupan berlebih. Cara terbaik untuk berbuka puasa adalah dengan makan secukupnya.

  1. Konsumsi protein

Asupan kalori tubuh biasanya berkurang saat berpuasa. Hal ini dapat menyebabkan otot-otot tubuh kita menyusut.

Untuk itu kita bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi sebagai tips berpuasa.

Baca Juga:Ridwan Kamil Berbagi Pengalaman Dalam Desain Masjid Syaikh Ajlin PalestinaRidwan Kamil: Kereta Cepat Jakarta Bandung Ditargetkan Uji Coba November 2022

Sebab, mengonsumsi makanan berprotein tinggi selama sahur dan buka puasa, bisa meminimalisir otot kita yang menyusut saat puasa.

  1. Melakukan olahraga yang ringan

Berolahraga ialah  aktivitas menyehatkan yang harus tetap dilakukan selama berpuasa. Namun, pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat seperti jalan kaki.

  1. Tidur teratur dan cukup

Biasanya, kita merasa mengantuk saat menjalani ibadah puasa. Hal itu biasanya timbul lantaran kurang mendapatkan istirahat yang cukup.

Maka dari itu, cobalah sisihkan waktu untuk beristirahat pada waktu-waktu tertentu agar tubuh tetap segar dan kuat. (Jni)

0 Komentar