4 Jenis Buah yang Sebaiknya Dibatasi selama Bulan Puasa

4 Jenis Buah yang Sebaiknya Dibatasi selama Bulan Puasa.
0 Komentar

RAGAM-Buah adalah salah satu makanan yang wajib masuk dalam pola makan sehari-hari, termasuk selama bulan puasa. Berbagai jenis buah kaya akan nutrisi penting, terutama vitamin dan mineral, serta juga serat.

Konsumsi buah selama bulan puasa tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tetapi juga menambah energi, membuat kenyang lebih lama, dan menjaga kesehatan pencernaan. Namun, tidak semua buah baik dikonsumsi selama bulan puasa, lo.

Meskipun menyehatkan, tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak selama bulan puasa. Terlebih jika kamu mengidap penyakit asam lambung, maag, atau gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga:Fakta Baru Kasus Suami Bunuh Anak dan istrinya di Kabupaten Serang Banten Akhirnya TerungkapBanggar DPRD Karawang Nyinyir Rencana Pemkab Perbaiki Interchange Karawang Timur Pakai APBD

Ini karena beberapa jenis buah sulit dicerna dan bisa memicu gas di lambung yang menyebabkan sakit perut. Apa saja sih buah yang sebaiknya dibatasi saat puasa. Apa saja sih buah yang sebaiknya dibatasi saat puasa? Berikut ini di antaranya:

Batasi Konsumsi Beberapa Jenis Buah Ini selama Puasa

  1. Buah-buahan Citrus

Buah-buahan citrus memang kaya akan vitamin, antioksidan, serta berbagai nutrisi lainnya. Namun, jenis buah ini sebaiknya dibatasi konsumsinya, terutama saat berbuka puasa atau saat perut sedang kosong.

Sebab, buah-buahan citrus memiliki sifat asam dan dapat mengiritasi lapisan perut, serta menyebabkan masalah pencernaan. Beberapa contoh buah-buahan citrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan buah clementine termasuk Jenis Buah yang Sebaiknya Dibatasi selama Bulan Puasa.

  1. Buah yang Mengandung Sorbitol

Sorbitol adalah sejenis gula alkohol yang secara alami terkandung dalam beberapa buah. Meski namanya “alkohol”, bukan berarti gula ini mengandung alcohol.

Gula jenis ini sebenarnya baik untuk tubuh dan pada kebanyakan orang tidak menimbulkan masalah yang berarti. Bahkan, justru bisa memberi banyak manfaat kesehatan selama dikonsumsi secukupnya.

Namun, beberapa orang tidak dapat menyerap gula jenis ini dengan baik, sehingga bisa menyebabkan gas dan kembung.

Buah-buahan yang mengandung sorbitol adalah apel, pir, anggur, plum, apricot, alpukat, stoberi, cherry, blackberry, dan beberapa buah kering seperti prune, kismis, dan kurma.

0 Komentar