Hati-hati! Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Hobi

Tanda Kamu Kecanduan Hobi
0 Komentar

RAGAM-Hobi adalah aktivitas yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa bosan di waktu luang. lain memberi segudang manfaat, menaruh minat pada satu jenis hobi tertentu juga mampu menstabilkan suasana hati.Tanda Kamu Kecanduan Hobi.

Namun, kamu harus tetap waspada, karena dibalik semua kelebihan itu, hobi juga bisa bersifat sangat destruktif apabila mulai menimbulkan rasa ketergantungan atau efek kecanduan. Kalau sudah begitu, kamu harus cepat-cepat membawa kembali dirimu ke jalur yang benar.

Berikut ini ada 5 hal yang menandakan kamu kecanduan hobi.

  1. Keliru dalam menentukan prioritas

Tanda awal kamu mulai kecanduan hobi adalah, kamu menjadi tidak bijaksana dalam menentukan skala prioritas. Apa yang seharusnya diutamakan malah kamu kesampingkan. Sementara, hobi yang seharusnya dilakukan hanya saat senggang, malah menguras sebagian besar waktumu.

Baca Juga:Benarkah Syekh Siti Jenar Putra Sunan Gunung Jati Cirebon? Simak Kisahnya5 Alasan Kenapa Kucing Tidak Suka Pintu Tertutup

Jika terus dibiarkan, tentunya hal ini bisa berdampak buruk pada kualitas hidupmu. Semua kewajiban jadi terbengkalai, hubunganmu dengan orang lain juga jadi tidak harmonis.

2.Sulit untuk nengkontrol diri.

Kesulitan mengontrol diri yang diakibatkan oleh hobi adalah sinyal tak boleh diabaikan, karena itu artinya hobi telah berhasil mengadiksi dirimu. Padahal seharusnya hobi yang berada dalam kendalimu, bukan malah sebaliknya.

  1. Rela mengeluarkan bujet yang tak sedikit demi menghidupi hobi

Jika sudah kecanduan pada jenis hobi yang mahal, seseorang tidak akan ragu untuk mengeluarkan uang meski dalam jumlah yang banyak. Karena yang terpenting bagi mereka adalah kebahagiaan saat menjalani hobi tersebut, tak peduli semahal apa pun itu.

Inilah sebabnya kenapa orang yang terlalu terobsesi pada hobi mewah cenderung memiliki kondisi finansial yang tidak sehat.

  1. Mengabaikan dampak negatif yang ada.

Fase paling ekstrem dari kecanduan hobi adalah, mulai menyepelekan dampak buruk yang sebenarnya telah kamu ketahui. Perasaan abai ini biasanya timbul karena kamu memiliki rasa senang yang teramat tinggi akan sesuatu hal, dalam konteks ini yaitu hobimu.

  1. Merasa hampa jika belum melakukannya.

Bagi mereka yang ketagihan hobi, tidak mengerjakan hobi sama dengan mengundang kehampaan untuk merasuk ke dalam diri mereka. Mereka merasa berat jika harus melewatkan satu hari tanpa menunaikan hobi. Seolah-olah berkecimpung dalam hobi lebih penting daripada menghadapi dunia nyata.

0 Komentar