5 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

daun kemangi
Basil isolated on white background
0 Komentar

HEALTHKemangi merupakan tanaman yang berasal dari Asia dan Afrika. Daunnya yang berwarna hijau dan berukuran kecil memiliki aroma yang sangat khas.

Daun kemangi juga dikenal sebagai salah satu lalapan, bagi pecinta lalapan pasti selalu memakannya. Biasanya saat membeli pecel ayam di pinggir jalan atau dimana pun, salah satu jenis lalapan yang disajikan adalah daun kemangi.

Daun kemangi kerap digunakan dalam hidangan khas Nusantara untuk menambah aroma dan rasa. Selain itu, daun kemangi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan diantaranya :

Baca Juga:Resep Sayur Asem, Menu Masakan Untuk Berbuka PuasaWisata Gunung Tangkuban Perahu dan Sejarahnya

1. Mencegah Bau Mulut dan Bau Badan
Jika kamu mempunyai masalah dengan bau mulit atau bau badan, jangan lupa untuk memanfaatkan khasiat daun kemangi dengan meminum air perasan daun kemangi.

2. Membunuh Bakteri
Daun kemangu mengandung senyawa kimia seperti saponin, flavonoid, tanin dan minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri ini memiliki kemampuan untuk memghambat pertumbuhan bakteri jahat yang masuk ke tubuh. Minyak atsiri pada daun kemangi bisa melawan bakteri dan jamur.

3. Mengobati Sariawan
Sariawan adalah luka atau peradangan bibir dalam mulut. Ciri-ciri sariawan yaitu muncul bulatan kecil bernanah disekitar mulut, bibir, dan menyebabkan nyeri. Sariawan memang menjadi salah masalah beberapa orang. Daun kemangi ini bisa menjadi obat tradisional alami untuk mengobati sariawan.

4. Meringankan Peradakan dan Nyeri Sendi
Sifat anti-infalamasi dan antioksidan pada kemangj, bisa mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Kanduang kalsium dan fosfor pada kemangi berperan penting untuk mengatur pembentukan tulang.

5. Melancarkan Aliran Darah
Daun kemangi mengandung magnesium yang bisa membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah. Daun kemangi juga dapat menjaga aliran darah umtuk tetap lancar. (cdp)

0 Komentar