Catat! 4 Manfaat Daun Serai, Bikin Wanita Bahagia?

Catat! 4 Manfaat Daun Serai, Bikin Wanita Bahagia?
Catat! 4 Manfaat Daun Serai, Bikin Wanita Bahagia?. Foto : Lazada
0 Komentar

Health – Serai adalah tanaman herbal yang tidak asing didengar karena dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Serai selama ini dikenal sebagai salah satu bahan untuk menambah rasa dan aroma masakan. Selai memiliki aroma seperti jeruk yang menyegarkan.

Berikut beberapa manfaat daun serai, seperti yang telah dikutip laman Genpi.co.

Catat! 4 Manfaat Daun Serai, Bikin Wanita Bahagia?

1. Anti peradangan

Dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti peradangan. Senyawa-senyawa ini dipercaya dapat membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu dalam tubuh.

Baca Juga:Pada Umur Berapa Anak Diajarkan Puasa? Simak PenjelasannyaCatat! 5 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang Dapat Diraih Saat Bulan Ramdhan

Dengan sifat anti peradangan ini, serai bisa mencegah berbagai peradangan seperti flu, sakit tenggorokan, sampai masalah pecernaan akibat peradangan. Citral dalam serai juga dipercaya memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Beberapa komponen serai membantu melawan kanker.

2. Detoksifikasi tubuh

Serai dikenal sebagai diuretik yang bisa melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar bisa membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Minum teh serai bisa memiliki akibat diuretik, yang berarti bisa memancing ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin. Akibat dari diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya. Efek diuretik ini pada tubuh bisa bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung.

3. Menurunkan berat badan

Air rebusan serai bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut karena sifat diuretik alaminya. Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, efek ini bisa mendukung penurunan berat badan.

4. Kurangi kecemasan

Banyak orang menemukan bahwa menyeruput teh panas untuk membuat santai, tetapi teh daun serai bisa menawarkan sifat mengurangi kecemasan lebih banyak lagi. Aroma serai dapat  membantu orang mengatasi kecemasan. Serai juga memiliki efek menenangkan yang bisa membantu tidur nyenyak. Serai juga bisa membantu meringankan insomnia akibat kecemasan.

5. Mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang

Minuman dari bahan serai memiliki antimikroba yang baik untuk tubuh. Dari penelitian yang diterbitkan Journal National Institutes of Health, minyak esensial dari sereh memiliki kemampuan melawan mikroba. Penelitian tersebut menemukan kandungan antimikroba bisa melawan Streptococcus mutans. Bakteri tersebut dapat merusak gigi berlubang. (yni)

0 Komentar