Kenali IMS, Gejalanya Menyerupai PMS pada Wanita

Ilustrasi wajah pria
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES – Wanita tentunya sudah tidak asing dengan gejala PMS atau Pramenstrual Syndrome, gejala yang dirasakan biasanya seperti kram pada perut, perubahan suasana hati, mudah lelah, nyeri otot hingga sakit kepala.

Namun siapa sangka, ternyata gejala mirip PMS juga dapat terjadi pada pria. Gejala PMS pada pria dikenal dengan istilah Irritable Male Syndrome atau IMS.

Gejala IMS didefinisikan sebagai gangguan pada perilaku di mana penderitanya mengalami kegelisahan, mudah marah, lesu dan depresi. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria dewasa dikarenakan menurunnya kadar hormon testosteron dalam tubuh. Rata-rata sindrom ini dirasakan oleh pria yang mendekati usia paruh baya akibat menurunnya level testosteron seiring bertambahnya usia.

Baca Juga:Parsel Produk UMKM Di Kabupaten Bekasi Banyak DiminatiKontrak Febri Hariyadi Diperpanjang di Persib

Ada beberapa cara untuk mengatasi atau meredakan gejala IMS ini, apabila hal disebabkan oleh menurunnya testosteron, biasanya dokter akan memeriksa kadarnya dalam tubuh melalui beberapa tes laborarorium.

Apabila level testosteron berada di bawah normal, maka akan dijalani terapi dari pergantian hormon. Tindakan yang dilakukan dengan menyuntikkan hormon testosteron sintetis untuk membantu mengembalikan vitalitas dan kondisi lain akibat daripada penurunan hormon tersebut.

Namun apabila disebabkan faktor lain, maka cara mengatasinya adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Hindari seperti makanan dengan tinggi gula dan lemak, batasi konsumsi alkohol lalu rutin berolahraga. (erz)

0 Komentar