Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Salmon

ikan salmon
Fresh raw salmon fillet
0 Komentar

HEALTH-Saat ini banyak aneka ragam hidangan Indonesia yang menyajikan salmon sebagai menu utamanya. Ikan yang biasa disajikan dalam sushi ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Selain rasanya yang enak, serbaguna, dan mudah didapatkan. Ikan salmon ini kaya akan nutrisi dan dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit.

Berikut adalah 5 manfaat ikan salmon bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak
Salmon memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Karena kandungannya inilah, manfaat ikan salmon dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Baca Juga:7 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan TubuhResep dan Cara Membuat Gulai Ayam, Menu Masakan untuk Berbuka Puasa

Omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D, dan selenium dapat mencegah kerusakan sistem saraf yang bekerja sebagai antidepresan dan menenangkan otak.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon juga baik untuk kesehatan mata. Manfaat ikan salmon bagi mata yakni mencegah mata lelah, mata kering dan degenerasu makula terkait mata.

Degenerasi makula terkait mata adalah suatu kondisi yang terjadi pada individu yang lebih tua. Keluhan yang menimpa seperti, hilangnya penglihatan dibagian tengah mata akibat kerusakan saraf mata.

3. Mecegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Omega-3 yang terkandung dalam salmon membantu mengurangi kadar kolestrol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan menguatkan otot jantung serta memperbaiki kerusakan jaringan dan pembuluh darah.

Salmon juga membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar kolestrol dan mencegah kekuatan dan penyubatan dinding arteri sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Kalsitonin menjadi salah satu kandungan ikan salmon. Fungsinya yaitu, membantu meningkatkan densitas dan kekuatan tulang sehingga dapat mencegah penyakit sendi seperti osteoporosis.

5. Mengontrol Berat Badan
Seperti makanan berprotein tinggi lainnya, salmon dapat membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan dan membuat merasa kenyang.

Baca Juga:Es Timun Serut Nata De Coco, Minuman Segar untuk Berbuka PuasaResep Capcay Kuah Cocok Jadi Menu Makan Saat Sahur

Selain itu, tingkat metabolisme dapat meningkat lebih banyak setelah mengkonsumi makanan kaya orotein seperti salmon, dibandingkan dengan makanan lainnya. (cdp)

0 Komentar