Tips Puasa Sehat Bagi Ibu Hamil

Tips Puasa Sehat Bagi Ibu Hamil
0 Komentar

SUBANG-Manfaat puasa bagi ibu hamil bisa diperoleh apabila dijalani sesuai kondisi kehamilan dan saran dari dokter. Puasa terbilang aman bila dilakukan oleh ibu hamil yang sehat, tetapi bisa menimbulkan risiko bila dilakukan terlalu intens atau oleh ibu hamil dengan masalah kesehatan tertentu.

Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan RS Karisma Pamanukan dr Arfan Syahfani Sesunan Sp. OG mengatakan, manfaat puasa bagi ibu hamil dapat diperoleh bila kondisi ibu hamil maupun janin sehat dan memungkinkan untuk menjalani puasa. Meski demikian.

“Ibu hamil tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalani puasa. Hal ini dikarenakan puasa saat hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan, seperti anemia dan dehidrasi,” ucapnya.

Baca Juga:Bantu Ringankan Beban Masyarakat, Operasi Pasar Murah di Purwakarta Sebar 3.377 Paket Sembako BersubsidiTak Kalah Cantik dari Rachmawaty Prilly Pegawai Dishub Makassar, Ini Sosok Istri Najamuddin Sewang Korban Pembunuhan Kasatpol PP Kota Makassar

Apalagi, dr Arfan juga menyebut, usia kehamilan trimester pertama merupakan masa yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Karenanya di periode inilah organ janin mulai terbentuk.

“Untuk itu, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik guna menunjang tumbuh kembang janin,” jelasnya.

Apabila asupan makanan dan minuman dibatasi karena puasa, ibu hamil yang menjalani kehamilan trimester pertama dikhawatirkan lebih berisiko melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal atau melahirkan secara prematur.

Selain itu, ada beberapa masalah kesehatan lain yang bisa berisiko terjadi ketika ibu hamil menjalani puasa, di antaranya, tubuh terasa lemas, sakit kepala, asam lambung naik, dehidrasi, pusing, pingsan

“Meski terdapat berbagai risiko puasa di trimester pertama, bukan berarti ibu hamil dilarang berpuasa. Puasa saat hamil boleh saja dilakukan, asalkan ibu hamil dan janin dalam kondisi sehat dan memiliki berat badan yang cukup,” terang dr Arfan.

Untuk memastikan kondisi ibu hamil dan janin tetap sehat saat berpuasa, cukupilah asupan makanan bergizi saat berbuka dan sahur agar kehamilan tetap sehat.

Sebab, puasa bagi ibu hamil tidak jauh berbeda dengan manfaat yang diperoleh orang berpuasa pada umumnya. Ia merinci beberapa manfaat tersebut diantaranya dapat mengontrol berat badan saat hamil, memperbaiki metabolisme tubuh, mengurangi risiko penyakit diabetes, menjaga kesehatan jantung.

0 Komentar