Inilah 5 Manfaat Kolak Pisang Untuk Berbuka Puasa

kolak pisang
Kolak, Kolak Pisang is Indonesian traditional dessert, very popular during Ramadhan, made from banana with coconut milk, sugar and pandanus leaves. Served in white bowl on grey background, copy space.
0 Komentar

FOOD-Menentukan menu berbuka puasa tidak hanya mesti terasa lezat dan nikmat, tapi juga harus bergizi. Seperti semangkuk kolak pisang ini bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat.

Semangkuk kolak pisang terdiri dari potongan pisang raja atau pisang kepok, kemudian diberi kuah santan. Kombinasi bahan-bahan tersebut bisa membut kamu kenyang lebih lama lho. Sehingga nantinya kamu terhindar dari kalap makan saat buka puasa.

Tak hanya mengenyangkan, mengkonsumsi kolak pisang untuk berbuka puasa ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya :

Baca Juga:Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Salmon7 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengembalikan Energi Setwlah Berpuasa
Bahan-bahan yang digunakan dalam kolak pisang memiliki kalori yang cukup tinggi. Pada dasarnya, asupan tinggi kalori memberikan kebutuhan tenaga untuk tubuh.

Saat berpuasa, kamu tidak mendapatkan asupan kalori apa pun sehingga tubuh biasanya terasa lemas. Dengan mengkonsumi kolak pisang, kalori yang sudah terpakai selama berpuasa bisa dikembalikan.

2. Baik Untuk Pencernaan
Pisang merupakan pilihan buah yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Tekstur pisang yang lembut membuat buah ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan. Kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Tak hanya dapat melancarkan pencernaan, kolak pisang juga sangat baik untuk kecantikan. Kandungan vitamin C yang tinggi pada pisang berperan penting untuk meningkatkan kolagen.

Zat ini mampu mengencangkan dan menghaluskan kulit. Pisang juga kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Pisang merupakan salah satu sumber kalium terbaik, kalium adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan jantung, terutama dalam hal mengendalikan tekanan darah. Oleh karena itu, satu pisang ukuran sedang mampu memenuhi 9% nilai harian yang dianjurkan.

5. Menambah Asupan Kalium
Kalium adalah salah satu mineral yang diperlukan tubuh. Pada dasarnya, seluruh bahan-bahan pada kolak mengandung kalium. Hanya saja, manfaat kolak pisang ini bisa kamu dapatkan secara maksimal dari pisang kepok.

Baca Juga:Resep dan Cara Membuat Gulai Ayam, Menu Masakan untuk Berbuka PuasaEs Timun Serut Nata De Coco, Minuman Segar untuk Berbuka Puasa

Agar asupan kalori harian kamu tidak berlebihan, pastikan kamu hanya mengkonsumsi satu mangkuk kolak pisang dalam sehari. (cdp)

0 Komentar