Sejarah dan Makna Lirik Lagu Ibu Kita Kartini

hari kartini
Kartini Day celebration for R.A Kartini the heroes of women and human right in Indonesia. in cartoon flat illustration Vector
0 Komentar

RAGAM-Lagu Ibu Kita Kartini merupakan salah satu lagu nasional yang sering diperdengarkan saat perayaan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April.

Lagu tersebut diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman atau yang dikenal dengan W.R Soeprtaman terhadap kisah perjuangan Raden Ajeng Kartini.

R.A Kartini dikenal sebagai seorang aktivis yang memperjuangkan hak wanita dan memberi pendidikan pada kaum wanita pada masa itu.

Baca Juga:Sejarah Ditetapkannya Tanggal 21 April sebagai Hari KartiniCara Ampuh Menguatkan Mental Bikin Harimu Lebih Baik

Lagu Ibu Kita Kartini sendiri memilki lirik lagu yang tergoling sederhana dan tak terlalu panjang. Dilihat dari lirik, “Ibu Kita Kartini” memuji perjuangan Kartini mengenai emansipasi memerdekakan wanita Indonesia.

Merdeka dalam hal ini berarti membebaskan wanita untuk memilih jalan hidupnya sebagai seorang manusia, selayaknya laki-laki. Sebab, di masa R.A Kartini wanita dibatasi untuk memilih kehidupan hang diinginkannya, termasuk pendidikan.

Selain itu, “cita-cita bagi Indonesia” dalam lirik dimaksudkan pada buah pikiran dari R.A Kartini.

Meski tak melanjutkan sekolah yang tinggu, Kartini sering menuliskan pikirannya mengenai masa deoan wanita dan Indonesia dengan teman-teman pena-nya.

Surat-surat inilah yang kemudian dibukukan menjadi buku yang begitu terkenal, “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Kemduian, buku dan pemikiran R.A Kartini ini menginspirasi gerakan wanita lainnya, termasuk mendirikan sekolah bagi anak peremuan. Oleh karena itu, Kartini disebut sebagai “putri yang mulia” dalam lirik lagu ini.

Selanjutnya, simak lirik lagu Ibu Kita Kartini secata lengkap berikut ini :

Baca Juga:Nasi Tutug Oncom, Kuliner Khas Sunda Yang Menggugah Selera4 Manfaat Buah Nanas Untuk Menurunkan Berat Badan

Ibu kita Kartini putri sejati
Putri Indinesia harum namanya
Ibu kita Kartini pendekar bangsa
Pendekar kaumnya untuk merdeka
Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

(cdp)

0 Komentar