367 Warga Jayagiri Lembang Dinyatakan Layak Dapat BLT DD, Untuk Modal Usaha Bantu Pemulihan Ekonomi

BANTUAN: Pemdes Jayagiri telah melakukan verifikasi data warga yang layak mendapat pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. EKO SETONO/PASUNDAN EKSPRES
BANTUAN: Pemdes Jayagiri telah melakukan verifikasi data warga yang layak mendapat pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. EKO SETONO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Pemerintah Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Bandung Barat memberikan bantuan modal usaha kepada warganya melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2022. Hal itu dilakukan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Jayagiri Cece Wahyudin mengatakan, pemdes telah memverifikasi sekitar 367 warga yang layak mendapat bantuan BLT DD. Namun, Saat ini Pemdes memberikan terhadap 185 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp900.000.

“Jadi yang 185 orang ini belum tentu mendapatkan satu tahun bantuan, karena dalam verifikasi lapangan ada 367 KPM, jadi sisanya nanti digilir,” ucapnya.

Baca Juga:Diskusi Ngopi Kritisi Kenaikan Harga Minyak Goreng dan BBM, Mahasiswa se Bandung Raya Siap AksiEdisi Hari Kartini 2022: SOSOK KARTINI ZAMAN NOW, Mampu Menempatkan Diri di Semua Sektor

Cece berharap, bantuan yang didapat KPM dapat dimanfaatkan dengan baik dan sebagian digunakan untuk modal usaha.

“Nanti digilir, saya berharap sebagian uangnya dijadikan modal usaha, yang 185 orang sekarang yang menerima saya mengharapkan bulan depan tidak menerima lagi karena sudah mampu,” ujarnya.

Dari dana desa yang berjumlah Rp1,6 milyar, dana desa Jayagiri sebagai desa mandiri, pada tahap pertama telah dicairkan sebesar 60% dari pagu.

“Sesuai dengan peraturan presiden dana desa yang ditransfer kami alokasikan untuk BLT DD sebesar 40%, Perogam ketahanan Pangan 20%, Penanganan Covid-19 sebesar 2%, dan program prioritas sebesar 32%,” ucapnya.(eko/sep)

 

0 Komentar