Simak! Tips Mudik Lebaran, Agar Tidak Sering Buang Air Kecil Selama Perjalanan

Simak! Tips Mudik Lebaran, Agar Tidak Sering Buang Air Kecil Selama Perjalanan
Simak! Tips Mudik Lebaran, Agar Tidak Sering Buang Air Kecil Selama Perjalanan. Ilustrasi Foto : Pixabay
0 Komentar

Ragam – Saat melaksanakan perjalanan mudik lebaran, banyak sekali hal yang perlu diperhatikan oleh pemudik supaya perjalanan aman dan nyaman. Bukan hanya keadaan kendaraan, namun keadaan pemudik juga perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah mencegah supaya tidak sering buang air kecil selama perjalanan mudik. Hal tersebut tentu akan membuat perjalanan cukup terganggu karena perlu berhenti mencari toilet.

Pakar gizi dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) Irtya Qiyamulail menyarankan pemudik mengurangi minuman dengan sifat diuretik agar tak sering buang air kecil selama perjalanan.

Baca Juga:Simak! Cara Mengatasi Karies Gigi Pada AnakInspirasi Dapur Minimalis, Anti Ribet dan Cantik

Begini Tips Mudik Lebaran, Agar Tidak Sering Buang Air Kecil

“Selain itu makanan yang tinggi natrium dan tinggi gula seperti makanan kemasan juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan peningkatan rasa haus selama di perjalanan,” jelasnya, minggu, 24 April 2022.

Meski demikian, Irtya menghimbau pemudik tidak mengurangi minum, baik saat berbuka puasa dan sahur karena ditakutkan sering buang air kecil di perjalanan. Mengurangi asupan cairan bisa menstimulasi dehidrasi yang berakibat buruk untuk kesehatan.

“Ketika mudik, kita juga tidak disarankan untuk mengurangi minum karena ketika dehidrasi juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan sehingga perlu untuk memastikan bahwa tubuh dalam kondisi terhidrasi dengan baik pada saat mudik,” jelas Irtya.

Pada mudik Lebaran 2022, sebanyak 85,5 juta orang diprediksi bergerak, baik lewat jalur darat, laut dan udara.

Bagi pemudik yang akan memakai jalan tol, perlu diketahui bahwa Jasa Marga berniat menerapkan durasi kunjungan di rest area selama 30 menit untuk mencegah kepadatan pemudik. (tmp/yni)

0 Komentar