Inilah 6 Manfaat Mengkonsumsi Tempe Bagi Kesehatan

tempe
Tempeh is Indonesia traditional food made from soybeans fermentation process.
0 Komentar

HEALTH-Tempe merupakan makanan khas Indobesia berbahan dasar kacang kedelai yang telah difermentasi oleh mikroorganisme.

Makananan ini paling mudah dijumpai dan banyak dimgemari oleh masyarakat Indonesia.

Selain rasanya yang lezat, ternyata tempe sangat kaya akan nutrisi, seperti protein tinggi dan rendah lemak. Tempe juga mengandung beberapa nutrisi baik.

Baca Juga:Resep Tempe Mendoan Camilan Cocok Untuk Menu Berbuka PuasaResep Ayam Kecap Sederhana, Menu Sahur Bersama Keluarga

Berkat kandungan gizinya yang tinggi, tempe mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Inilah 5 manfaat mengkonsumsi tempe bagi kesehatan :

1. Membangun dan Memperbaiki Sel Tubuh Yang Rusak
Secara umum, protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan atau sel tubuh yang rusak agar bisa bekerja dengan baik.

Kandungan nutrisi pada tempe terbukti kualotasnya lebih baik, karena kadar protein yang larut dalam air akan meningkatkan aktivitas enzim proteolitik.

2. Mencegah Anemia
Salah satu kandungan penting dalam tempe yang bermanfaat mencegah anemia adalah vitamin B12. Vitamin B12 berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang
Tempe adalah sumber kalsium yang baik, mineral yang bertanggung jawab untuk menajaga tulang agar tetap kuat dan padat.

Sementara, asupan kalsium yang cukup dapat mencegah perkembangan osteoporosis, suatu kondisi yang berhubungan dengan pengeroposan tulang dan tulang keropos.

4. Antioksidan Penangkal Radikal Bebas
Tempe mengandung antioksidan isoflavon yang berperan dalam melawan radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya.

Baca Juga:Inilah Olahraga Yang Cocok Dikakukan di Akhir Pekan Bersama KeluargaTips Liburan Akhir Pekan Yang  Menyenangkan

5. Baik Digubakan Sebagai Menu Diet
Tempe bisa menjadi pilihan menu diet bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Salah satu menu terbaik untuk diet adalah mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein, tinggi serat, dan rendah lemak. Kandungan protein dan serat dalam tempe membuatnya sangat baik untuk menjadi menu diet. (cdp)

0 Komentar