Tips Kurangi Kemungkinan Gigi Berlubang Saat Puasa

Tips Kurangi Kemungkinan Gigi Berlubang Saat Puasa
Tips Kurangi Kemungkinan Gigi Berlubang Saat Puasa. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Health – Menikmati makanan berserat saat sahur dan berbuka puasa selama Ramadan dapat membantu menurunkan risiko terjadinya karies atau gigi berlubang.

Dikutip dari Antara, drg. Rosdiana Nurul Annisa dari RS Pelni mengatakan, perbanyak makanan berserat seperti buah dan sayur ketika sahur dan berbuka puasa.

“Karena saat mengunyah makanan tersebut, ada stimulasi pengeluaran air liur,” ungkap Rosdiana, dikutip Minggu, 16 Apil 2022.

Baca Juga:Dilaksanakan Pada 10 Malam Terakhir Ramadhan, Begini Niat & Tata Cara Salat Lailatul QadarPresiden Himbau Agar BLT Minyak Goreng Digunakan Sebagaimana Mestinya

Air liur berfungsi untuk membersihkan rongga mulut, sehingga meminimalisir risiko munculnya karies atau gigi berlubang.

Tips Kurangi Kemungkinan Gigi Berlubang Saat Puasa

Lubang pada gigi dapat mempengaruhi kesehatan karena mulut adalah tempat masuk bakteri.

Gigi berlubang yang kian parah dapat mengakibatkan peradangan, membuat pembuluh darah dalam mulut terbuka dan bisa dimasuki bakteri. Setelah masuk ke sirkulasi darah, mikroorganisme dapat masuk ke organ tubuh lain.

Berdasarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementerian Kesehatan, jumlah buah dan sayur yang dibutuhkan dalam sekali makan adalah semangkuk sayur sedang setara 150 gram.

Asupan buah untuk sekali makan bisa berupa dua potong sedang pepaya (150 gram) setara dua buah jeruk sedang (110 gram) atau satu buah pisang ambon ukuran kecil (50 gram).

Selama berpuasa, mulut akan terasa lebih kering. Untuk menjaga kesehatan mulut yang kering selama berpuasa, ia mengingatkan untuk memperhatikan asupan cairan setiap hari.

Setiap orang sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak 1,5 liter atau delapan gelas per hari.

Baca Juga:Kabar Baik! Mendekati Lebaran Siswa Madrasah Dapat Dana Bantuan Kemenag, Jumlahnya Bikin KagetSimak! Ketentuan Bayar Zakat Fitrah Bagi Perantau

“Dua gelas saat sahur, empat gelas setelah buka puasa dan dua gelas setelah tarawih,” ujarnya.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi juga penting dilakukan sepanjang Ramadan dengan cara menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur. Menyikat gigi bisa dilakukan setidaknya setengah jam setelah sahur, bisa ditambah dengan benang gigi untuk menjangkau makanan yang terselip. (fin/yni)

 

0 Komentar