Pengamatan Hilal di SMA Plus Astha Hannas Berlangsung Sukses 

Pengamatan Hilal di SMA Plus Astha Hannas Berlangsung Sukses 
0 Komentar

SUBANG-Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Provinsi Jabar sukses melakukan pengamatan hilal di Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia SMA Plus Astha Hannas, tepatnya di Masjid Agung Nasional An Nuur Astha Hannas Subang, Ahad (1/5).

Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan untuk menentukan 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.

Ketua Yayasan Astha Hannas Prof. DR Ermaya Suradinata menyampaikan terimakasih kepada Kanwil Kemenag Prov Jabar yang telah hadir dan menjadikan Astha Hannas sebagai tempat pelaksanaan Rukyatul Hilal atau pengamatan hilal bersama BMKG.

Baca Juga:Tantang Ikatan Remaja Masjid Menggemakan Syiar Islam Lebaran Sebentar Lagi, Masyarakat Sudah Mulai Buat Selongsong Ketupat 

Kemenag Subang Agus Sutisna menyampaikan terimakasih kepada Astha Hannas yang telah menyediakan tempat serta memfasilitasi kegiatan Rukyatul Hilal ini.

Dia melaporkan terkait capaian target vaksin lebih dari yang ditargetkan, juga telah melaksanakan safari Ramadhan di 12 titik serta memhuat Posko Mudik di 4 titik kerjasama PC Ansor Subang.

Kakanwil Kemenag provinsi Jawa Barat Drs. Ajam Mustajam MSi menyampaikan, di wilayah Jabar ada beberapa titik pelaksanaan rukyat seperti di Pangandaran, Pameungpeuk, Pelabuhan Ratu dan Subang yang berlokasi di Kampus Astha Hannas.

“Ini adalah kegiatan rutin setiap tahun untuk menentukan awal 1 Syawal setelah Ramadhan karena berkaitan dengan perayaan Idul Fitri 1443 H. Hasil Rukyat tersebut nanti dilaporkan ke Kemenag RI Jakarta,” jelasnya.

Kepala Sekolah Astha Hannas Kombes Pol (purn) Sugiyono menyampaikan ucapan terimakasih bahwa Astha Hannas setiap tahun dijadikan lokasi pengamatan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan dan juga 1 Syawal, yang bertempat di Pusat Astronomi Ermaya bekerjasama dengan Kementerian Agama dan BMKG.(dan/ysp)

 

0 Komentar