oleh

Ini Jumlah Kuota Calon Haji Asal Subang yang Berangkat Tahun Ini

SUBANG-Pemerintah Pusat sudah menentukan kuota calon haji (Calhaj) untuk Kabupaten Subang sebanyak 544 orang. Walaupun jumlahnya setengah dari kuota setiap tahunnya, Kementerian Agama Kabupaten Subang mengklaim untuk pemilihan calhaj, yang berangkat melalui prosedur Siskohaj pusat.

Kepala Kemenag Agama Kabupaten Subang Dr H Agus Sutisna mengatakan, tahun 2022 Alhamdulillah pemberangkatan haji bisa digelar. Kabupaten Subang bisa ikut memberangkatkan calhajnya.

Menurut Agus, jika melihat dari tahun kemarin, kuota untuk pemberangkatan haji mencapai 1.175 calhaj. 17 calhaj diantaranya mengambil biaya pelunasan, kini ditahun 2022 kuota untuk pemberangkatan haji hanya sebanyak 544 calhaj. “Berkurang bisa dikatakan setengah dari kuota tahun sebelumnya,” katanya.

Mengenai nama dan juga daerah calhaj yang akan berangkat tersebut, sudah melalui sistem bernama Siskohaj. Sistem tersebut dari pusat, yang menentukan jamaah mana yang akan berangkat. “Nah, itu langsung dari Siskohaj ya, kita tidak ada kewenangan,” katanya.

Dijelaskan Agus, nantinya 544 orag calhaj tersebut akan diberangkatkan dalam dua kelompok terbang atau kloter. Bisa saja ketika kloter kedua bergabung degan kloter daerah lainnya. “Bulan Juni 2022 ini akan diberangkatkan. Mudah-mudahan lancar,” katanya.

Sementara itu, calhaj asal Subang Sunaryo (51) mengaku tidak masuk dalam daftar calhaj yang berangkat. “Saya tidak masuk daftar, padahal pembayaran sudah lunas,” katanya.(ygo/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.