Inilah Cara Merawat Rem Cakram Motor, Pengendara Motor Wajib Tahu

Inilah Cara Merawat Rem Cakram Motor, Pengendara Motor Wajib Tahu
Mechanic in overalls repairing sports motorcycle at the workshop indoors
0 Komentar

OTOMOTIF-Ada dua tipe rem motor yang sesuai dengan konstruksi dan kegunaannya, yaitu rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol). Keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda.

Rem sepeda motor memiliki peran yang sangat vital, yakni mengontrol kecepatan, memperlambat, dan menghentikan laju kendraan. Maka komponen rem motor perlu mendapatkan perawatan yang baik.

Jika kinerja rem motor terganggu maka dapat membahayakan kelesamatan berkendara pengguna motor. Maka dari itu, inilah cara perawatan khusus rem cakram.

Baca Juga:Marc Marquez Incar Kemenangan di MotoGP Prancis 2022Hasil Pertandingan Indonesia vs Timor Leste, Indonesia Menang 4-1

1. Lakukan Pengecekan dan Ganti Minyak Rem
Langkah pertama adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian rem seperti kampas atau mengganti minyak rem motor secar berkala.

Penggantian minyak rem juga dibutuhkan jika warnanya sudah berubah menjadi semakin gelap. Perubahan warna menandakan kuakitas minyak rem sudah jelek.

2. Bersihkan Kaliper Rem
Dalam merawat rem cakram motor, perlu adanya pembersihan pada bagian kalipernya. Rem cakram ini bersifat terbuka, sehingga sering kali debu dan kotoran di jalan ikut menempel pada bagian kampas atu pistolnya.

Kindisi ini akan mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, sehingga perlu dilakukan pembersihan segera.

Kemudian, apabila handle rem terasa berat saat ditekan, maka periksalah atau ganti seal master rem bagian atas. Penggantian bagian ini dapat dilakukan di bengkel resmi terdekat.

3. Pastikan Kaliper Dalam Kondisi Baik
Kaliper rem motor yang bermasalah dapat menurunkan kualitas pengereman serta membuat kerja handle rem menjadi lebih berat atau blong.

Jelas hal tersebut sangat berbahaya bagi pengendara karena berpotensi menimbulkan risiko kecelakaan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin di bengkel resmi terdekat. (cdp)

0 Komentar