Waspada Penyebaran Covid-19 Pasca Libur Lebaran, Meski Kasus Positif Melandai

Waspada Penyebaran Covid-19 Pasca Libur Lebaran, Meski Kasus Positif Melandai (ilustrasi)
Waspada Penyebaran Covid-19 Pasca Libur Lebaran, Meski Kasus Positif Melandai (ilustrasi)
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Pemkab Bandung Barat memastikan belum ada lonjakan kasus Covid-19 pasca libur lebaran 2022. Meski selama seminggu terakhir wilayah ini diserbu wisatawan, khususnya di kawasan Lembang.

“Setelah libur lebaran, meskipun yang terpapar Covid-19 masih ada tapi mudah-mudahan tidak naik secara signifikan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, Selasa (10/5).

Berdasarkan data terbaru, terang Hengky, hanya tersisa empat orang yang saat ini masih positif. Itu berarti, penyebaran Covid-19 di wilayah Bandung Barat sudah melandai.

Baca Juga:Jembatan Simpay Asih Citarum Dibangun Permanen, Warga Tak Lagi KhawatirAngin Puting Beliung Landa Subang, Maman Imanulhaq Minta Warga Terdampak Tertangani Baik

Jika penyebaran Covid-19 bisa terus ditekan, pihaknya siap mengubah pandemi Covid-19 menjadi endemi.

“Jika dalam sembilan hari ke depan tidak ada kenaikan secara signifikan, artinya kita sudah masuk endemi. Itu yang menjadi harapan kita semua,” ujarnya.

Lebih jauh, pihaknya tetap bakal mewaspadai lonjakan kasus setelah kawasan Lembang diserbu wisatawan. Walaupun pontensi penyebaran Covid-19 masih tetap ada, serbuan wisatawan ini secara langsung menguntungkan karena mendongkrak penghasilan asli daerah (PAD) Bandung Barat.

“Selama libur lebaran, Lembang masih menjadi tujuan pengunjung baik wisatawan lokal maupun luar kota. Mudah-mudahan itu menambah PAD, dan sejauh ini situasi kondusif dan lancar,” jelasnya.

Terkait kekhawatiran penyebaran kasus hepatitis akut, pihaknya bakal membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengecek kesehatan warga. Petugas akan berkunjung ke tiap rumah untuk mendeteksi penyakit.

“Petugas nantinya akan mengecek kesehatan masyarakat. Jika dipastikan sehat, rumah warga akan ditempel stiker sebagai tanda keluarga sehat,” tambahnya.(eko/sep)

0 Komentar