Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jum’at dan Malam Jum’at, Diterangi Cahaya!

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jum'at dan Malam Jum'at, Diterangi Cahaya! (ilustrasi muslim mengaji)
Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jum'at dan Malam Jum'at, Diterangi Cahaya! (ilustrasi muslim mengaji)
0 Komentar

RELIGI –  Hari Jum’at merupakan hari yang istimewa untuk seluruh umat Islam di penjuru dunia. Pada hari Jum’at, banyak amalan yang disunnahkan untuk dilaksanakan, salah satunya adalah membaca surat Al-Kahfi. Sebab beragam keutamaan dan manfaat membaca Al-Kahfi hari Jum’at

Membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat adalah salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilaksanakan oleh kita umatnya

Beragam manfaat dan juga keutamaan membaca surat Al Kahfi hari Jum’at, misalnya mendapatkan pahala dan rezeki yang melimpah dari Allah SWT.

Baca Juga:Jadwal Adu Tinju Dinar Candy dan Nikita Mirzani di Holywings Sport ShowTaman Cika-cika di Nagreg jadi Sarana Menambah Ilmu dan Wawasan

Di samping itu, terdapat juga keutamaan lain apabila seseorang membaca surat Al Kahfi, terkhusus hari Jumat.

Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jum’at dan Malam Jum’at, Diterangi Cahaya!

  1. Dosa Diampuni

Keutamaan yang didapatkan oleh seseorang apabila membaca surat ini pada hari Jum’at adalah diampuni dosanya diantara dua Jumat.

Hal ini berdasar dari sabda Nabi Muhammad SAW yang bunyinya:

Dari Abdullah bin Umar yang artinya,

“Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

2. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Lalu, keutamaan yang akan didapatkan adalah, mendapatkan Ridho dari Allah SWT.

Seperti dalam hadist riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

  1. Terhindar dari fitnah Dajjal

Membaca al kahfi pada hari jumat juga untuk membuat kita terhindar dari fitnah Dajjal pada hari akhir zaman nanti saat kiamat.

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

Baca Juga:Penyakit Mulut dan Kuku di Kota Bandung Masih TerkendaliKopdar Wadah Aspirasi Para Kepala Desa, Monitoring hingga Evaluasi

  1. Dijaga dari Gangguan Syaitan

Hal tersebut sesuai sabda Nabi Muhammad SAW. Dari Abdullah bin Mughaffal, Rasulullah SAW bersabda, “Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.” (HR Ibnu Mardawaih).

0 Komentar