Bersihkan Bantaran Sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 13 Antisipasi Banjir

Bersihkan Bantaran Sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 13 Antisipasi Banjir
0 Komentar

PURWAKARTA-Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 13 membersihkan bantaran Sungai Citarum tepatnya di Kampung Cilangkap, Desa Cadasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupten Purwakarta, Kamis (12/5).

Dansatgas Citarum Harum Sektor 13 Kolonel Inf Dwi Sunyata melalui Danpok 1/SSK 2, Serka Yedi mengatakan, giat bersih-beraih bantaran Sungai Citarum ini merupakan bagian dari program Citarum Harum yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.

Terlebih, sambungnya, Sungai Citarum ini merupakan sungai terpanjang dan melintasi sejumlah daerah di Jawa Barat. “Sungai Citarum menjadi pertemuan dari berbagai sungai, sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Jika tidak, sampah atau sejumlah tanaman gulma akan cepat menumpuk dan mencemari sungai,” ujarnya.

Baca Juga:Sudah Menunggu Bertahun-tahun, 103 Calon Haji Asal Karawang Batal Berangkat karena Aturan IniMiris!! Honor Perawat di Subang Tak Sebanding Kerja Ekstra

Di musim penghujan saat ini, lanjutnya, secara keseluruhan personel Satgas Citarum Harum bersama masyarakat lebih fokus untuk membersihkan lingkungan, khususnya di bantaran sungai.

Terlebih, sambungnya, tumpukan sampah hingga penyempitan bantaran sungai kerap menjadi salah satu pemicu meluapnya air di saat curah hujan tinggi. “Jadi jangan banjir dulu baru kita bertindak, sebelum semua terjadi kita cegah dari sekarang sedini mungkin,” ucapnya.

Selain terjun langsung membersihkan bantaran sungai, personel Satgas Citarum Harum pun terus menyosialisasikan pentingnya kebersihan lingkungkan kepada masyarakat.

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat pun selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan atau program-program yang dijalankan Satgas Citarum Harum. “Masyarakat harus peran aktif dalam setiap program, terlebih ini untuk lingkungan dan menjaga kelestarian alam agar lebih baik kedepannya,” katanya.(add/sep)

 

0 Komentar