Perlu Diketahui, Begini Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Perlu Diketahui, Begini Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan
Perlu Diketahui, Begini Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan
0 Komentar

Health – Ada banyak manfaat bunga telang bagi kesehatan. Di antaranya adalah membantu menurunkan berat badan, detoksifikasi tubuh, menenangkan pikiran, meningkatkan kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut.

Manfaat bunga telang bisa didapatkan dengan menyeduhnya dan meminum teh bunga telang.

Keunikan bunga telang atau kembang telang adalah memiliki kelopak berwarna biru cerah dan telah dipakai sebagai bahan dalam minuman teh herbal di seluruh wilayah selama berabad-abad serta dijadikan bahan untuk memasak.

Baca Juga:Deretan Manfaat Kopi Selain untuk Menghilangkan Kantuk, Baik Juga untuk Kesehatan?Membanggakan, Honda Catat Kenaikan Penjualan Pada April 2022, 3 Model Jadi Primadona Termasuk Brio

Perlu Diketahui, Begini Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Kelopaknya tersebut memberikan warna biru ketika direndam dalam air hangat atau panas, sehingga dapat dipakai sebagai pewarna pada berbagai hidangan tradisional.

Bunga telang atau  Clitoria ternatea adalah tanaman dari famili Fabaceae dan mayoritas ditemukan di seluruh negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, India, dan Sri Lanka.

Bunga telang memiliki banyak antioksidan kuat seperti polifenol, tanin, katekin, serta fitonutrien berharga yang berfungsi dalam peningkatan memori otak, antihiperlipidemia, antihiperglikemik dan analgesik.

Dikutip dari laman Netmeds.com dan Medicinenet.com, berikut manfaat bunga telang bagi kesehatan:

  • Memperlancar pencernaan

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat khasiat bunga telang dapat memperlancar sistem pencernaan. Minum secangkir teh bunga telang sekali atau dua kali seminggu dengan perut kosong dapat membantu mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam sistem pencernaan.

  • Memperbaiki suasana hati

Kemudian, dengan meminum teh bunga telang diyakini mempunyai akibat penghilang stres yang juga membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Hal ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, mempengaruhi emosi positif dan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Baca Juga:Periode Januari – April 2022, Pencurahan KUR BRI Capai 88,99 TrilliunElon Musk Berikan Tanda Ingin Beli Twitter dengan Harga Lebih Murah

  • Membantu menurunkan berat badan

Teh dari seduhan daun telang bebas dari kafein serta tidak memiliki karbohidrat, lemak, dan kolesterol. Oleh sebab itu seduhan bunga telang adalah minuman yang ideal bagi mereka yang sedang diet atau menurunkan berat badan.

Kemudian, manfaat bunga telang juga bisa membersihkan usus dari sisa makanan dan kotoran, serta mengatur nafsu makan.

  • Meningkatkan kesehatan kulit

Flavonoid dalam bunga telang membantu menstimulus produksi kolagen, membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit.

0 Komentar