Ternyata Begini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan!

Ternyata Begini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan!
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES, Health – Siapa sangka selain untuk masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat terutama dibidang kesehatan, apalagi jiga dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Bawang putih yang mentah mengeluarkan aroma khas yang cukup pedas di hidung dan membuat perih.

Kira-kira apa saja ya manfaat dari bawang putih untuk kesehatan? Simak ulasan yang sudah Pasundan Ekspres rangkum, yuk!

Manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol

Baca Juga:Membanggakan, Honda Catat Kenaikan Penjualan Pada April 2022, 3 Model Jadi Primadona Termasuk BrioPeriode Januari – April 2022, Pencurahan KUR BRI Capai 88,99 Trilliun

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang pertama yaitu menurunkan kolesterol, berdasarkan penelitian, sekelompok partisipan yang mengkonsumsi tiga gram bawang mentah mengalami penurunan kolesterol.

Para partisipan ini mengkonsumsi tiga gram bawang putih mentah selama 90 hari lamanya, dan menghasilkan penurunan kolesterol sebanyak 10-13%.

Maka para peneliti menyimpulkan bahwa penurunan kolesterol tersebut berasal dari kandungan allicin yang diproduksi ketika mengunyah atau mengigit bawang mentah. Allicin itu sendiri berperan untuk menghambat enzim yang memproduksi kolesterol.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Konsumsi bawang putih mentah juga terbuki bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi atau dikenal dengan hipertensi.

Sebuah riset menemukan bahwa makan bawang putih yang mentah bisa menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik.

Bawang putih juga bisa bantu mengurangi tekanan darah dengan mencegah produksi angiotensin II, meningkatkan ketersediaan oksida nitrat, dan meningkatkan produksi hidrogen sulfida. Sifat anti-inflamasi dan antioksida ini juga dapat membantu dalam penurunan tekanan darah.

3. Cegah kanker hati.

Diketahui bawang putih juga bisa mencegah kanker hati. Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal Nutrients.

Baca Juga:4 Cara Menjaga Kesehatan Mental agar Pikiran Tetap PositifElon Musk Berikan Tanda Ingin Beli Twitter dengan Harga Lebih Murah

Penelitian ini dilakukan di wilayah Jiangsu, Cina, dari tahun 2003 hingga 2010, di mana total 2011 pasien kanker hati dan 7933 kontrol populasi dipilih secara acak didokumentasikan. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa konsumsi bawang putih mentah sebanyak dua kali atau lebih per minggu mungkin akan memiliki efek pencegahan pada kanker hati.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Konsumsi bawang putih dapat meningkatkan jumlah sel T yang dipercaya dapat melawan virus yang ada pada dalam aliran darah kamu. Ini merupakan hal yang penting karena pilek dan flu disebabkan oleh virus. Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih bisa mengurangi keparahan akibat dari gejala pilek dan flu dan gejalanya pun dapat hilang dengan lebih cepat.

0 Komentar