oleh

Moon Knight: Superhero Marvel dengan Masalah Kesehatan Mental, Berikut Penjelasannya!

PASUNDANEKSPRES – ‘Moon Knight’ Marvel Studios ini yang sudah tayang sejak 30 Maret 2022 lalu di Disney+, serial Marvel yang mengisahkan tentang seorang pahlawan dari mesir kuno yang bernama Moon Knight.

Konten selanjutnya mengandung Spoiler!

Yang uniknya dari serial Moon Knight Marvel ini adalah karena adanya isu kesehatan mental yang diangkat, yang dialami oleh karakter Marc Spector (Oscar Isaac) sosok wadah dewa bulan Mesir Kuno Khonsu.

Cerita diawali oleh sosok pria bernama Steven Grant yang selama ini selalu merasa kebingungan pada hari-hari tertentu, ia juga seperti melewati beberapa hal dalam hidupnya, seolah ada sesuatu yang tiba-tiba saja ia lakukan padahal ia belum pernah melakukannya.

Namun ternyata selama ia mengalami hal yang menurut ia ‘terlewati’ itu ada sosok kepribadian yang lain yang sedang mengambil alih tubuhnya secara diam-diam, yaitu Marc Spector.

Ternyata Steve Grant ini mengidap dissociative identity disorder (DID) atau yang umum kita sebut sebagai gangguan “kepribadian ganda”.

Diketahui kepribadian ganda yang sering muncul dari karakter Moon Knight ini ada 3, antara lain:
• Marc Spector (dirinya sendiri)
• Steve Grant
• Jack Lockley

Kepribadian yang sering muncul dalam adegan merupakan sosok Marc dan Steven, di mana pada awal serial ini kita akan disuguhi konflik yang kental antara ‘mereka’ ini yang tenyata kesulitan untuk saling menerima satu sama lain.

Singkat cerita, seiring dengan berjalannya waktu hubungan antara Marc dan Steven ini semakin erat karena mereka harus bekerja sama dalam menjalankan petualangan mereka untuk menghentikan sang musuh yaitu Dewi Ammit.

Karena itu, demi melacak keberadaan Dewi Ammit, mereka harus saling bekerja sama dengan mengandalkan kelebihan yang dimiliki oleh kepribadian masing-masing.

Sosok Steven mengakui kehebatan Marc yang lebih unggul dalam urusan bertarung, namun Marc juga sangat mengandalkan Steven dalam urusan pemahaman ia mengenai mitologi Dewa-Dewi Mesir dan melacak musuh mereka.

Memiliki isu kesehatan mentalungkin memang tak akan mudah untuk dihadapi sendirian, maka pentingnya untuk terbuka dengan orang terdekat.

Hal ini juga dilakukan oleh Marc Spector yang terbuka akan kondisi gangguan mental yang ya alami kepada sang istri Layla El-Faoully

Diketahui bahwa penyakit yang dideritanya ini akibat dari trauma masa lalu Marc yang selalu mendapatkan siksaan dari ibunya, sehingga kepribadian lain yaitu Steven muncul untuk melindungi Marc dari trauma masa lalu yang selalu Marc alami.

BACA JUGA: Figure Moon Knight Keluaran Hot Toys di Banderol Rp 4,09 juta

Hal ini membuktikan betapa hebatnya pola pikir seorang manusia ketika harus melindungi diri mereka sendiri, manusia bisa membentuk perisai melalui pikirannya dalam menghadapi suatu bahaya, sama halnya seperti Marc yang membuat kepribadian Steven yang selalu melindunginya agar tidak teringat akan trauma masa lalu yang dialami Marc.

Bisa disimpulkan bahwa penyebab dari dari dissociative identity disorder (DID) salah satunya merupakan akibat dari trauma masa lalu.

Tertarik untuk menonton serial Moon Knight yang karakter superhero Marvel dengan kesehatan mental? Dan bagaimana ia bisa mengalahkan Dewi Ammit? Kamu bisa nontonnya langsung di Disney+ ya! (Erz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.