Inilah 4 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Inilah 4 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan
0 Komentar

RAGAM-Durian merupakan tumbuhan tropis di Asia Tenggara. Nama durian diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan tajam sehingga menyerupai duri.

Durian juga dikenal sebagai ‘raja buah’ (King of Fruit). Buah tropis ini menjadi primadona karena memiliki tekstur daging buah yang lembut ditambah citarasa manis.

Namun, aromanya yang khas dan tajam terkadang mengusik sebagian orang. Terlepas dari selera, mengkonsumsi durian ternyata tidak menyebabkan kolestrol tinggi.

Baca Juga:Resep Chicken Katsu, Menu Makan Sore Favorit KeluargaInilah 3 Cara Menyimpan Pizza Sisa agar Tetap Enak

Durian juga memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh, selama porsinya tidak berlebihan. Inilah beberapa manfaat durian bagi kesehatan :

Inilah 4 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Buah durian mengandung kadar serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Karena itu, durian dapat dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi sembelit.

2. Baik untuk kesehatan kulit
Durian dapat membuat kulit menjadi lebih berkilau dan membantu menyamarkan noda hitam pada kulit. Khasiat ini diperoleh karena durian mengandung antioksidan seperti vitamin C, polifenol, flavonoid dan fitonutrien yang baik menjaga struktur kulit sehingga kulit tidak mudah keriput.

3. Mengatasi insomnia
Gangguan tidur atau insomnia biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya stres, depresi, pengaruh obat-obatan atau gaya hidup yang tidak sehat. Buah durian mengandung zat asam amino triptofan yang dapat mengatasi insomnia.

Kandungan triptofan yang tinggi pada durian menimbulkan perasaan euforia atau bahagia. Hal inilah yang membuat seseorang merasa tenang dan lebih mudah untuk tidur.

4. Mencegah nyeri sendi
Tingginya kandungan vitamin C dalam durian tak sebatas untuk melawan radikal bebas. Durian juga diyakini bisa mencegah nyeri sendi karena buah durian mengandung zat gizi yang berkontribusi dalam pembuatan kolagen.

Kolagen adalah protein penting yang berguna untuk menjaga kesehatan sendi, otot, tulang, kulit, oembuku darah, lapisan usus sampai jaringan ikat. (cdp)

0 Komentar