Tingkatkan Pendapatan Asli Desa, BUMDes Bulukumba Belajar ke Pemdes Cibodas, Lembang

STUDI BANDING: Rombongan Kepala Desa SE Kabupaten Bulukumba saat studi banding ke Desa Cibodas Lembang Bandung Barat. EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES
STUDI BANDING: Rombongan Kepala Desa SE Kabupaten Bulukumba saat studi banding ke Desa Cibodas Lembang Bandung Barat. EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Sejumlah kepala desa dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dari Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan, menimba pengalaman dari Pemerintah Desa (Pemdes) Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Andi Iriani Kepala Desa Andrihuah Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba mengaku berkesan dengan tatakelola Pemdes Cibodas dan inovasi desa yang dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Andi mengaku, berbeda dengan didesanya, oleh karena itu hasil studi komparatif di desa Cibodas akan di aplikasikan di desanya.

Baca Juga:Penggunaan Produk Dalam Negeri Tingkatkan Pendapatan Daerah, Pemkab Purwakarta Bentuk Tim P3DNPemilihan Ketua KONI Hambat Persiapan Porprov, Agenda Musorkablub Terus Mundur

“Saya kagum dengan desa Cibodas, inovasi desanya sudah berjalan, Insha Allah akan kami terapkan disesuaikan dengan potensi lokal kami,” ucapnya.

Andi berharap, perjalanan jauh dari Sulawesi ke Jawa Barat dapat memberikan manfaat besar bagi perkembangan desa di Bulukumbah.

“Kami berharap apa yang kami dapat dapat diaplikasikan di desa kami masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Dindin Sukaya mengaku, banyak desa yang telah datang ke desanya, namun begitu Ia mengaku bahwa desanya masih banyak yang harus dibenahi. Akan tetapi, untuk berbagi ilmu pihaknya tidak akan menutup nutupi.

“Sebenarnya kami juga banyak yang harus dibenahi, namun kami akan bagikan pengalaman bagi mereka yang datang,” katanya.

Dindin mengatakan, sudah ratusan desa yang datang ke desanya, dan adanya kemajuan perkembangan desanya merupakan kerjasama antar elemen.

“Ini semua berkat kerjasama antar elemen, antar lembaga yang ada di desa, antar pegawai desa, semua kompak untuk melakukan inovasi desa yang lebih baik,” ucapnya.(eko/sep)

 

0 Komentar