oleh

PAD Baru 8,94 Persen, Sekda Minta Kepala OPD Tingkatkan Pencapaian

SUBANG-Perolehan Penghasilan Pendapatan Daerah (PAD) pada triwulan pertama baru mencapai 8,94 persen atau sebesar Rp55,1 miliar.

Angka itu terdiri dari pendapatan pajak daerah Rp50,9 miliar, pendapatan retribusi daerah Rp2,3 miliar dan lain-lain pendapatan yang sah Rp1,8 miliar.

Pemda Subang menargetkan PAD tahun 2022 sebesar Rp616,3 miliar. Target tersebut meningkat dari capaian PAD tahun 2021 yang sebesar Rp494,5 miliar.

Seiring dengan melandainya Covid 19 di Kabupaten Subang, Sekda Subang Asep Nuroni meminta kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar bekerja optimal untuk meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD).

Sekda berharap adanya terobosan dan inovasi kinerja di setiap OPD sehingga ada perbaikan, baik itu pelayanan terhadap masyarkaat maupun peningkatan terhadap pendapatan.

“Saya berharap karena bapak ibu merupakan garda terdepan. Mudah-mudahan dengan kondisi Covid-19 yang melandai, sehingga potensi yang ada bisa menaikkan angka PAD, meningkatkan pembangunan dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya dalam acara Rekonsiliasi Penerimaan Retribusi TW 1 Tahun 2022 dan RKPD 2023 beberapa waktu lalu di ruang rapat bupati.

Dia menegaskan, target-target yang belum tercapai bisa dievaluasi. Termasuk kendala apa yang ditemui, sehingga terget tersebut bisa segera dicapai untuk memperoleh PAD.

“Pendapatan pajak daerah semoga bisa tercapai sebagai acuan untuk berkaitan anggaran pembangunan daerah. Potensi pendapatan daerah tersebut berkaitan dengan workshop, retribusi parkir, sampah, pasar dan retribusi lainnya di masing-masing OPD,” tambahnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Subang, Dadang Dermawan mengatakan, keikutsertaan perangkat daerah dalam menggenjot PAD sangat dibutuhkan mengingat kini Kabupaten Subang tengah fokus membangun.

“Saya berterimakasih kepada perangkat daerah yang telah memberikan presentasi retribusi terbaik tahun 2022 yaitu BKAD, Disparpora dan Dinas Pertanian,” tukasnya.(idr/ysp)

 

GRAFIS:

PAD Subang tahun 2022

– Realisasi Januari-Maret (Triwulan 1) Rp55,1 miliar atau 8,94 persen

 

Rincian:

– Pendapatan pajak daerah Rp50,9 miliar

– Pendapatan retribusi daerah Rp2,3 miliar

– Lain-lain pendapatan yang sah Rp1,8 miliar

 

Target tahun 2022

– Rp616,3 miliar (realisasi 2021 R494,5 miliar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.