Hebat! Produk UMKM Kelurahan Palumbonsari Karawang Timur Berhasil Masuk Swalayan dan Hotel

PRODUK UNGGULAN: Lurah Palumbonsari Fitria Yuniawati menunjukan produk unggulan UMKM. DEDI SARITA/PASUNDAN EKSPRES
PRODUK UNGGULAN: Lurah Palumbonsari Fitria Yuniawati menunjukan produk unggulan UMKM. DEDI SARITA/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

KARAWANG-Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kelurahan Palumbonsari Kecamatan Karawang Timur, kini sudah mulai bisa ditemui di Swalayan dan Hotel.

Berbagai macam produk UMKM kelurahan Palumbonsari, mulai dari ranginang, opak, kacang-kacangan hingga kukurma yang jelas rasanya tidak kalah dengan produk luar.

Lurah Palumbonsari Fitria Yuniawati mengatakan, Kelurahan Palumbonsari terdapat lebih kurang 50 UMKM, namun ada yang aktif dan tidak aktif. Guna meningkatkan dan memajukan UMKM, Kelurahan Palumbonsari melakukan pembinaan dan pendampingan.

Baca Juga:Pemdes Kamarung Kecamatan Pagaden, Gagas Budidaya Ikan Lele, Modal Kecil Tambah PendapatanOPD dan Camat di Kabupaten Bandung Barat Wajib Isi Kas Pramuka, Bentuk Dukungan Pemda

Selain itu, juga membentuk kepengurusan UMKM, yang tentunya pengurus tersebut akan membantu mengurus izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Label Halal.

“Kita sedang membimbing yang aktif dulu untuk pengurusan PIRT sama halalnya kita dampingi.
Kelurahan Palumbonsari membentuk ketua UMKM. Nanti ketua yang melakukan pendampingan kemana-mana,” jelasnya.

Produk unggulan UMKM yang ada di wilayahnya, yaitu Ranginang, kacang-kacangan yang diolah kukurma dan lain-lain. Kini sudah bisa dibeli di swalayan dan di hotel.

“Produk unggulan UMKM Kelurahan Palumbonsari sudah masuk ke Alfamart dan Indomaret. Sedangkan yang kukurma kemaren sudah menawarkan ke hotel-hotel dan Alhamdulillah sudah diterima di Swiss-Belhotel dan Aksaya,” tandasnya.(ddy/vry)

 

0 Komentar