oleh

Apakah Telur Setengah Matang Sehat Dikonsumsi? Begini Faktanya!

LIFESTYLE-Telur merupakan satu hidangan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Telur menjadi pilihan banyak masyarakat, karena mudah untuk diolah dan dapat dibuat berbagai sajian.

Salah satu olahan telur favorit merupakan telur setengah matang. namun, apakah telur setengah matang sehat dikonsumsi? Ini dia pembahasannya!

BACA JUGA: Horor! Kasus Baru Covid-19 di Indonesia Naik Lagi Pekan Ini

Olahan pada telur setengah matang memang jadi favorit, selain teksturnya yang lumer membuat para penikmatnya ketagihan. Di sisi lain, telur setengah matang memang bermanfaat untuk tubuh, karena kaya akan nutrisi. Memasak telur setengah matang akan membuat nutrisi pada telur lebih banyak karena suhu yang tidak terlalu panas membuat nutrisi telur tetap terjaga. Dibalik manfaatnya, telur setengah matang memiliki dampak yang berbahaya jika terlalu sering dikonsumsi.

Di dalam sebuah telur, terdapat banyak jenis mikroba dan bakteri, yang paing banyak ditemui adalah bakteri salmonella. Bakteri ini banyak berasal dari makanan-makanan mentah termasuk telur. Bakteri ini bisa terdapat pada bagian luar (kulit) atau dalam telur dan tidak mengubah bentuk, bau, bahkan rasa telur.

Memasak telur setengah matang dapat membuat bakteri salmonella tidah hilahng sepenuhnya, karena suhu panas yang rendah. Infeksi dari nbakteri salmonella dapat menimbulkan gejala berupa mual, muntah, demam, menggigil, sakit kepala, kram perut , hingga tifus.

Untuk menghindari bahaya diatas, sebaiknya kita memasak telur secara matang agar seluruh bakteri yang ada pada telur hilang. Telur setengah matang masih bisa dibuat dan dikonsumsi, selama telur itu bersih dan bebas dari bakteri. Maka dari itu, pilihlah telur yang sudah terpasteurisasi karena telur yang sudah diproses dengan teknik ini akan membuat seluruh bakteri dalam telur hilang dan lebih aman dikonsumsi. Telur seperti ini bisa kita dapatkan di supermarket dan pastikan telur ini sudah memiliki label pasteurisasi.

Kesimpulannya, telur setengah matang tetap aman dikonsumsi jika telur yang digunakan bersih dan bebas dari bakteri. Namun, sebaiknya kita tetap memasak telur dengan matang untuk menghidari resikonya. (arr/erz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.