Kiprah Wawan Cahyana Sukseskan Sembilan Pemilu

Kiprah Wawan Cahyana Sukseskan Sembilan Pemilu
0 Komentar

SUBANG-Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang saat ini dijabat oleh Wawan Cahyana, S.Hut. Dia menjabat sejak 22 September 2021. Terpilih sebagai Sekretaris KPU Subang melalui open bidding atau seleksi terbuka.

Hingga saat ini Wawan telah menjadi bagian dari kesukseskan sembilan pemilu baik pilpres, pileg maupun pilkada. Mulai dari pemilu 2004, pilkada 2008, pemilu 2009, pilkada 2013 dan pemilu 2014 saat bertugas di KPU Sumedang.

Lalu, Wawan juga ikut mensukseskan pilkada 2015, pilgub 2018, pemilu 2019 dan pilkada 2020 saat bertugas di KPU Pangandaran. Bagi Wawan dapat menyukseskan pesta demokrasi itu merupakan suatu kebanggaan.

Baca Juga:Gas Pertamina di Dangdeur Subang Bocor, Pertamina Sebut Ada Penutup Sumur yang Lepas JNE Berangkatkan 140 Karyawan ke Tanah Suci, Bagi Mereka yang Mengabdi Lebih dari 12 Tahun

Wawan mengawali kiprah di lembaga penyelenggara pemilu sejak 2004 lalu di KPU Sumedang. Saat itu dia sama sekali tak mengenal apa itu KPU.

Saat itu, dia bersama temannya di rental komputer mendapat pekerjaan untuk memasang jaringan komputer di kantor KPU. Setelah selesai pekerjaan jaringan, dia mendapat tawaran untuk kerja jadi operator di KPU Sumedang sekitar bulan Desember 2003.

Wawan pun menyanggupi dengan status awalnya sebagai honorer. Saat itu tengah tahapan pemilu 2004. Dia terus menjalani tugasnya hingga kemudian tahun 2006 ada pendataan pegawai untuk dijadikan PNS.

Atas pengabdiaannya, pada 2009 diangkat menjadi PNS di bawah naungan Sekjend KPU. Setelah pengabdian hampir 10 tahun di KPU Sumedang, lalu 2015 mendapat promosi menjadi Kasubbag Teknis dan Humas di KPU Pangandaran.

Kemudian, Wawan mengikuti open bidding Sekretaris KPU Subang dan terpilih. Resmi menjabat sejak 22 September 2021.

Wawan sebenarnya orang kehutanan. Gelarnya saja S.Hut. Tapi apa yang dipelajari selama kuliah dapat diterapkan.

“Saya kuliah jurusan manajeman hutan. Ilmu manajemannya itu yang terpakai selama berkiprah di KPU. Sebab ilmu manajeman bisa diterapkan di mana saja,” jelasnya.(ysp)

0 Komentar