DPRD Karawang Minta Pemkab Sediakan Vitamin Gratis Untuk Peternak

DPRD Karawang Minta Pemkab Sediakan Vitamin Gratis Untuk Peternak
0 Komentar

KARAWANG-DPRD Karawang meminta eksekutif menyiapkan vitamin unthk hewan ternak di Karawang. Hal itu menyusul maraknya wabah Penyakit Mata dan Kuku (PMK), yang terjadi dipetani peternakan di Kota Pangkal Perjuangan.

Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Karawang, Anggi Rostiana Tarmadi minta agar Pemerintah Kabupaten Karawang, agar menyediakan vitamin untuk para peternak.
“Hingga saat ini, memang belum ada anggaran yang disediakan Pemkab Karawang di APBD 2022, untuk pengadaan vitamin hewan sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan PMK. Guna untuk menimalisir penyakit hewan itu tidak semakin menjular,” ujarnya.

Menurutnya, wabah PMK ini tak beda dengan pandemi Covid-19, hanya saja penyakit ini kepada hewan. “Saya kira Pemkab bisa untuk menyediakan vitamin hewan gratis bagi para peternak,” katanya.
Legislator Partai PKB ini menjelaskan, harga vitamin hewan untuk mencegah PMK terbilang cukup mahal. Hal itu tentunya, akan menambah beban biaya peternak.

Baca Juga:Kemensos Aktivasi Akses Perawatan Medis Anak PMI yang Menderita Gangguan JantungUsulkan Pengadaan Marka Jalan dan PJI ke Pemprov dan Pusat

“Harga vitamin ini tuh cukup mahal. Kasihan peternak kalau tidak ada bantuan vitamin hewan gratis untuk peternak,” katanya.
Menurut Anggi, menjelang Idul Adha banyak bermunculan kandang ternak dadakan, khususnya hewan kurban seperti sapi dan domba.

“Kandang dadakan tersebut, berpotensi menimbulkan penyakit hewan juga. Melihat adanya potensi penyebaran penyakit hewan di kandang dadakan, DPRD akan melakukan sidak ke sejumlah kandang dadakan yang ada di Karawang,” katanya.(use/vry)

0 Komentar