Petugas Polres Purwakarta Gencar Antisipasi Penyebaran PMK Jelang Idul Adha, Lakukan Pemantauan ke Lokasi Peternakan Sapi

Petugas Polres Purwakarta Gencar Antisipasi Penyebaran PMK Jelang Idul Adha, Lakukan Pemantauan ke Lokasi Peternakan Sapi
KONTROL: Petugas dari Polsek Bojong saat mengontrol kondisi kesehatan sapi di peternakan guna memastikan tak ada sapi yang terkena PMK.(ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES)
0 Komentar

PURWAKARTA-Guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, jajaran Polsek Bojong Polres Purwakarta bersama pemerintah Kecamatan Bojong dan dinas terkait, melakukan pemantauan dan monitoring ke lokasi peternakan sapi di Kampung Sukamaju, Desa Cileunca, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kapolsek Bojong Ipda Budiman mengatakan, kegiatan monitoring ini merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk mencegah penyebaran PMK di Wilayah Kecamatan Bojong. Sehingga, masyarakat nyaman dan tidak was-was.

“Di peternakan tersebut menampung berbagai jenis sapi. Di antaranya seperti sapi limosin, sapi bali dan sapi mental dengan jumlah 130 ekor. Sapi tersebut akan dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Adha tahun 2022,” kata Kapolsek yang akrab disapa Abah Budiman kepada wartawan, Kamis (23/6).

Baca Juga:Sering Membunyikan Tulang Leher? Begini Penjelasannya Menurut DokterKabar Baik untuk yang Tidak Lolos SBMPTN, Berikut Daftar Perguruan Tinggi yang Buka Jalur Mandiri

Dari hasil pantauan itu, Kapolsek memastikan tidak ditemukan kasus PMK di wilayahnya.

“Pengecekan dan monitoring ini untuk memastikan bahwa hewan ternak yang ada di Kecamatan Bojong tidak terserang PMK yang kini marak terjadi di berbagai wilayah di Indonesia,” ujar Abah Budiman.

Disebutkannya, kondisi sapi secara umum sehat tidak ditemukan adanya sapi yang sakit karena PMK. Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan memastikan pemberian vitamin kepada hewan ternak. Termasuk juga memberikan sosialisasi tentang kebersihan kandang agar tidak mudah terjangkit penyakit.

“Kami selalu menyarankan kepada para peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang. Pakan yang diberikan juga harus yang berkualitas agar daya tahan sapi kuat dan tidak mudah sakit. Menjelang Hari Raya Iduladha, kami lakukan pengontrolan yang tujuannya agar kesehatan sapi tetap terjaga,” ucap Abah Budiman.(add/sep)

0 Komentar