Soal Koalisi PKS-NasDem, Ini Kata Ketua Fraksi PKS DPRD Subang

Soal Koalisi PKS-NasDem, Ini Kata Ketua Fraksi PKS DPRD Subang
0 Komentar

SUBANG-Para elit partai politik di Indonesia sudah siap meramaikan kancah pemilihan presiden tahun 2024. Betapa tidak, sejumlah petinggi partai politik sudah mendeklarasikan diri untuk menyongsong hajat lima tahunan tersebut.

Seperti contohnya Golkar, PPP dan PAN berkolaborasi untuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Partai Gerindra yang berkoalisi dengan PKB. Kemudian PKS pun sepakat berkoalisi dengan NasDem. Meski demikian, koalisi tersebut belum ada riak-riak di daerah. Sedangkan partai politik di Subang, sedang bersilaturahmi dengan seluruh lintas partai.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Subang Asep Hadian, menanggapi partai PKS yang mengusung hastag kolaborasi tersebut. Menurutnya, sangat wajar ketika PKS pusat melakukan koalisi dengan partai lain, guna persiapan hajat Pilpres tahun 2024. “Dari kacamata saya, itu sangat bagus karena pilpres 2024 pun mesti ada persiapan. Artinya, PKS sudah siap,” ujarnya.

Baca Juga:Silsilah Sunan Gunung Jati dari Pangeran Adipati PasareanJelang Idul Adha, DPRD Karawang bersama Bupati Sidak Kesehatan Hewan Kurban

Mengenai di daerah, Asep mengatakan, obrolan-obrolan pun cair. Baik di antar fraksi antara PKS dengan NasDem. Obrolan tersebut sudah selayaknya menjadi obrolan umum di DPRD Subang. “Mengenai itu, saat ini kita biasa saja. Obrolan antar fraksi cair seperti biasanya,” ungkapnya.

Selain konsen terhadap pilpres, lanjut Asep, PKS konsen terhadap pemiliu legislatif. PKS sangat optimis dengan lonjakan kursi di Pileg 2024. “Kita sangat optimis, dan kami di fraksi sangat konsen dengan Pileg,” tegasnya.

Asep menjelaskan, untuk para kader PKS yang diusulkan ke DPP pusat, ada sebanyak 60 orang. Nantinya, puluhan kader tersebut akan di-SK-kan untuk menjadi kontestan di Pileg 2024 dari partai Dakwah tersebut. “Sudah diusulkan, tinggal menunggu SK saja dari pusat,” katanya.

Disinggung mengenai Pilkada 2024, Asep masih berkeyakinan, kekuatan suara merujuk dari Pileg 2024. Perolehan suara nantinya bisa menjadi fondasi dalam Pilkada 2024. “Terlalu dini juga, kita rekan-rekan di Fraksi. Konsen dulu terhadap Pileg 2024,” katanya.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu bertemu dengan ketua umum partai NasDem Surya Paloh. Pertemuan tersebut, merupakan penjajakan. “Alhamdulillah merupakan pertemuan silaturahmi awal. Kita ingin saling memahami antara PKS dan NasDem. Alhamdulillah banyak hal kesamaan. Ini koalisi masih cair. Jadi, kita akan mengajak partai lainnya juga untuk bergabung,” kata Syaikhu.(ygo/vry)

0 Komentar