Bawaslu Purwakarta Apresiasi Pembahasan Raperda Dana Cadangan Pilkada

Bawaslu Purwakarta Apresiasi Pembahasan Raperda Dana Cadangan Pilkada
Bawaslu Purwakarta Apresiasi Pembahasan Raperda Dana Cadangan Pilkada
0 Komentar

PURWAKARTA-Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos mengapresiasi jajaran Pemda dan DPRD Purwakarta yang telah menuntaskan pembahasan Raperda Dana Cadangan Pilkada Purwakarta 2024.

Dalam raperda tersebut dituliskan jumlah anggaran yang dicadangkan untuk pembiayaan Pilkada Purwakarta 2024 Rp 25 miliar. Angka tersebut lebih kecil dari angka yang sempat beredar sebelumnya, yaitu Rp 40 miliar.

“Pada prinsipnya, kita apresiasi langkah DPRD dan Pemda Purwakarta yang dalam waktu dekat ini segera menetapkan Perda Dana Cadangan untuk Pilkada Purwakarta,” ungkapnya.

Baca Juga:Catatan Harian Dahlan Iskan: Babi BebekViral Promo Minuman Beralkohol untuk Nama ‘Muhammad dan Maria’, Holywings Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya

“Dengan adanya perda tersebut menegaskan jaminan bahwa sebagian anggaran untuk kebutuhan hajat politik daerah lima tahunan tersebut aman. Dan kekurangannya akan dicover secara reguler pada APBD 2024,” kata Binos.

Menurutnya, langkah ini juga bentuk keseriusan pemerintah dalam suksesi hajat Pilkada mendatang.

“Kalau soal angka dana cadangan yang berkurang, kami kira nggak terlalu masalah. Sebab yang kami lihat lebih kepada will pemerintah, khususnya DPRD. Ini kan sifatnya hanya menyimpan dan menyiapkan. Sedangkan kekurangannya bisa dicover anggaran tahun berjalan 2024,” ujarnya.

Diketahui, sejak 2020 KPU dan Bawaslu Purwakarta mendorong pemerintah daerah menyusun perda dana cadangan Pilkada. Dimana kebutuhan anggaran pilkada 2024 dicicil dalam beberapa tahun anggaran.

Tujuannya meringankan beban daerah dalam pengaturan anggaran. Apalagi, angka kebutuhan Pilkada 2024 lebih besar jika dibandingkan dengan Pilkada 2018.(mas/ysp)

0 Komentar