Waduh! Pemerintah dan DPR Sepakat Siapkan Lampu Hijau Pemanfaatan Ganja untuk Medis

Editor:

KESEHATAN – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut memberikan respon perihal penggunaan ganja medis bagi kesehatan.

Budi mengatakan bahwa ganja sama dengan morfin yang bisa dipergunakan untuk pengobatan medis.

“Ganja sama dengan morfin. Morfin lebih keras dari ganja, dan morfin sudah dipakai untuk yang bermanfaat,” tuturnya kepada wartawan, kemarin.

Namun, ia mengaktu tidak serta merta langsung memutuskan izin perihal tersebut jika belum melakukan riset atau penelitian.

Ia menuturkan, bahwa kajiannya sekarang ini masih disusun. Apabila telah mencapai final, maka riset dapat dilakukan di tanah air.

“Kami sudah melakukan kajian, sebentar lagi akan keluar regulasinya untuk kebutuhan medis,” ungkapnya.

“Jadi tahapan ini untuk riset dulu, nanti habis riset kita tahu bisa digunakan untuk medis,” tambahnya lagi.

Baca Juga: Amankah Ganja Meski Digunakan untuk Medis? Begini Penjelasan Ahli

Selain itu, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad berjanji akan memberikan tindaklanjut atas usulan legalisasi penggunaan ganja demi keperluan medis.

“Komisi IX DPR sudah menyambut baik dan akan segera menindaklanjuti usulan terkait legalisasi ganja untuk medis,” terang Sufmi Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta dihimpun via Fajar.co.id

Pimpinan Komisi III DPR, ujar Dasco, telah menyampaikan akan melakukan rapat dengar pendapat bersama berbagai pihak yang berwenang.

“Kami akan mengambil langkah-langkah untuk mendorong RDP dengan Komisi III DPR yang kebetulan sedang membahas revisi UU Narkotika,” pungkas politisi Gerindra tersebut. (Jni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.