Kenapa Kamu Harus Kuliah? Simak Alasan Berikut Ini Buat Kamu yang Masih Ragu!

Kenapa Kamu Harus Kuliah? Simak Alasan Berikut Ini Buat Kamu yang Masih Ragu!
0 Komentar

3. Meningkatkan soft skill

Pengertian soft skill sendiri adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Lalu apa bedanya dengan hard skill? Hard skill adalah suatu kemampuan seseorang yang lebih mengarah ke sesuatu yang spesifik dan tidak semua orang dapat menguasainya.

Contoh, kemampuan untuk menggambar, memahami rumus matematika ataupun fisika yang rumit, kemampuan dalam menguasai suatu bahasa, dan masih banyak lagi. Kenapa dengan kuliah bisa menguasai soft skill? Karena ketika mulai memasuki dunia perkuliahan, kita sudah berada ditahap peralihan menuju dewasa. Dimana tanggung jawab kita lebih banyak, lebih berat, dan jadwal kegiatanpun akan menjadi semakin padat.

Di sini kita memperlukan soft skill untuk memastikan semua kegiatan kita yang padat bisa berjalan dengan lancar. Contoh soft skill diantaranya ada pintar dalam mengatur waktu, cara berkomunikasi dengan orang, dan kecerdasan untuk mengatur emosi.

Baca Juga:Mulanya Sedikit, Pemda yang Mengusulkan Formasi PPPK 2022 Kini Semakin BanyakPendidikan Bahasa Mandarin di Indonesia Masif

Dengan terjun kedalam dunia perkuliahan, pasti soft skill kita akan semakin terasah untuk persiapan kita menuju jenjang yang lebih tinggi lagi, yaitu dunia bekerja.

4. Mendapatkan koneksi

Dimanapun kita berada mau tidak mau pasti kita harus mencoba untuk bersosialisasi dengan orang lain, baik di dunia pekerjaan, kuliah, maupun ketika kita masih sekolah. Dengan terjun ke dunia perkuliahan, kita dapat menjumpai lebih banyak lagi orang-orang.

Dikarenakan tempat asal yang berbeda, latar belakang kehidupan mereka, adat-istiadat dan kebudayaan mereka, dan masih banyak lagi. Maka dunia perkuliahan adalah tempat yang sangat berpotensi untuk kita mendapatkan koneksi.

Tetapi perlu diingat, dimanapun kita berada kita harus bijak dalam memilih teman. Ada yang bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dan ada juga yang dapat mempengaruhi kita secara tidak langsung dengan kebiasaan-kebiasaan buruk mereka.

Namun, ketika kita memasuki dunia perkuliahan kita berpotensi untuk mendapatkan koneksi yang dapat membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan setelah kita lulus nanti.

Mungkin kalian bisa mendapatkan lebih banyak lagi hal baru yang positif ketika kalian mengikuti perkuliahan terlepas dari apa yang sudah disebutkan diatas. Maka dari itu tidak ada salahnya ketika kalian memutuskan untuk melanjutkan kuliah.

0 Komentar