Dianjurkan Nabi, Makan Berjamaah Ternyata Memiliki Manfaat untuk Anak

Editor:
PARENTING – Makan bersama atau secara berjamaah sudah dianjurkan Nabi Muhammad SAW sejak dulu.
Setelah diteliti, ternyata makan berjamaah bersama keluarga mempunyai manfaat luar biasa, terlebih lagi untuk buah hati.
Walaupun saat ini, tidak semua keluarga mempunyai kebiasaan makan bersama setiap harinya atau juga memang tidak memiliki waktu makan bersama keluarga. Untuk alasan tertentu, kebanyakan dari mereka memilih makan sendiri.

Dari penelitian ahli, dihimpun dari Halodoc via Fin kebiasaan makan berjamaah bersama keluarga ternyata memiliki manfaat tersendiri, salah satunya untuk anak tersayang.

Dianjurkan Nabi, Makan Berjamaah Ternyata Memiliki Manfaat untuk Anak

1.   Mengajarkan anak tentang tata cara makan yang sopan

Hal ini dapat mengajarkan anak agar selalu teratur ketika makan.

Fungsinya ialah mengajarkan mereka makan tidak berantakan, selainnya mengajarkan cara mengunyah makanan yang sopan, dalam hal ini tidak berbunyi.

2.    Mengajarkan Anak agar tidak pilah pilih makanan

Banyak anak kecil yang sering memilih apa yang mereka suka saja untuk dimakan.

Maka, dengan makan bersama keluarga, anak dapat mencontoh orang tua, untuk memakan rezeki yang telah didapat dan dihidangkan di atas meja makan.

3.  Menjaga Kedekatan Anak dan Orangtua

Para orang tua bisa belajar untuk lebih memahami anak. Saat makan bersama, orangtua jadi memiliki waktu untuk mengajarkan anak untuk berkomunikasi dengan baik.

4.    Membantu tumbuh kembang buah hati

Orang tua dapat memantau gizi dan kebersihan makanan anak. Sehingga dapat menurunkan risiko anak mudah sakit akibat mengkonsumsi makanan yang sembarangan.

5.    Mencegah anak konsumtif jajan di luar

Makan bersama anak juga dapat mencegah anak mempunyai kebiasaan jajan di luar.

Maka, orang tua dapat mengurangi resiko anak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, yang biasanya dikaitkan dengan konsumsi makanan cepat saji atau fastfood.(Jni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.