Gelar Festival Generasi Pancasila, Menteri Pendidikan: Pancasila Bukan Hanya Dihafal tapi Diamalkan

Gelar Festival Generasi Pancasila, Menteri Pendidikan: Pancasila Bukan Hanya Dihafal tapi Diamalkan
GENERASI PANCASILA: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Festival Generasi Pancasila.
0 Komentar

JAKARTA-Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Hari Keluarga Nasional (Harganas), dan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Festival Generasi Pancasila.

Kegiatan yang mengangkat tema “Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila” tersebut dikemas dengan variatif dan menarik untuk audiens peserta didik dan orang tua. Peringatan tiga hari besar nasional tersebut telah diselenggarakan oleh Puspeka sejak Juni 2022 secara hibrida dan melibatkan peserta didik dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, sampai SMA/SMK.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim berharap generasi muda di Indonesia tidak hanya mengetahui enam profil Pelajar Pancasila, tetapi mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sepanjang waktu, sepanjang hayat.

Baca Juga:OPINI: Urgensi dan Tantangan Digitalisasi PendidikanUpdate Kasus Pimpinan Ponpes Lakukan Pencabulan di Subang, Begini Kondisinya Sekarang

“Saya tidak ingin adik-adik cuma bisa menghafal Pancasila, karena yang lebih penting adalah adik-adik paham mengapa penting sekali bagi kita untuk memiliki dan menerapkan semua profil itu, serta menjadi Pelajar Pancasila,” tutur Menteri Nadiem dalam sambutannya pada puncak acara Festival Generasi Pancasila, secara daring pada Selasa (5/7).

Menteri Nadiem mengingatkan kembali enam nilai yang membangun Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; serta kreatif.

Menguatkan pernyataan Menteri Nadiem, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemendikbudristek Franka Makarim menjelaskan perlunya generasi muda untuk memiliki jiwa Pelajar Pancasila. Ia menuturkan bahwa keenam profil Pelajar Pancasila merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan, sehingga untuk menjadi Pelajar Pancasila dan menggapai cita-cita, anak-anak perlu memiliki dan mengembangkan keenam profil tersebut.

0 Komentar