OPINI: Urgensi dan Tantangan Digitalisasi Pendidikan

OPINI: Urgensi dan Tantangan Digitalisasi Pendidikan
Tulisan Oleh: Ramdan Hamdani, Praktisi Pendidikan
0 Komentar

Namun, untuk mewujudkan digitalisasi pendidikan sebagaimana kita harapkan tersebut tidaklah mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh bangsa ini dalam upaya melahirkan generasi unggul berkarakter melalui optimalisasi teknologi informasi.

Adapun ketiadaan peta jalan / cetak biru digitalisasi pendidikan di tanah air merupakan tantangan terbesar yang harus segera diselesaikan. Peta jalan tersebut tentunya akan berkaitan dengan berbagai program pemerintah di bidang infrastruktur, peningkatan kompetensi guru serta program – program strategis lainnya. Artinya, pemerintah perlu memiliki perencanaan yang matang serta terukur dalam hal waktu serta biaya yang diperlukan.

aktanya, saat ini masih banyak daerah yang memiliki permasalahan infrastruktur yang berkaitan dengan digitalisasi pendidikan seperti jaringan internet yang kurang memadai serta terbatasnya perangkat keras yang tersedia.

Baca Juga:Update Kasus Pimpinan Ponpes Lakukan Pencabulan di Subang, Begini Kondisinya SekarangTendik Minta Pemerintah Terbitkan Regulasi Baru yang Lindungi Pegawai Non ASN

Tantangan lain yang dihadapi oleh bangsa ini dalam mengimplementasikan digitalisasi pendidikan adalah belum meratanya kompetensi guru di bidang teknologi informasi. Diperlukan investasi biaya yang tidak sedikit serta waktu yang maksimal untuk melaksanakan berbagai program yang berorientasi pada peningkatan kompetensi guru di bidang teknologi informasi. Sebagian besar guru sebenarnya memiliki motivasi yang tinggi untuk terus meningkatkan kompetensinya. Akan tetapi tidak sedikit dari mereka yang terkendala biaya untuk menyediakan perangkat yang diperlukan.

Demikian pula dengan literasi digital di kalangan peserta didik. Kesadaran para pengguna dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk hal – hal yang bermanfaat dapat dikatakan belum begitu menggembirakan. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya waktu yang mereka habiskan ketika memegang gawai dimana unsur hiburan masih mendominasi.

Adapun pemanfaatan gawai untuk keperluan belajar masih perlu ditingkatkan lagi. Tidak hanya itu, masih ditemukannya pelanggaran hukum ataupun etika ketika anak berselancar di dunia maya membuktikan bahwa anak – anak kita masih memerlukan bimbingan secara maksimal.

Mengingat pentingnya digitalisasi pendidikan dalam upaya melahirkan generasi unggul berkarakter, pemerintah pusat dan pemerintah daerah diharapkan mampu berkolaborasi dalam mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan.

Adapun penyusunan peta jalan digitalisasi pendidikan hendaknya menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di tanah air.

0 Komentar