Mengenal Kurikulum Merdeka Belajar, Pengertian, Keunggulan dan Perbedaannya dengan Kurikulum 2013

Mengenal Kurikulum Merdeka Belajar, Pengertian, Keunggulan dan Perbedaannya dengan Kurikulum 2013
0 Komentar

Mengutip kurikulum.kemdikbud.go.id, berikut beberapa perbedaan Kurikulum Merdeka Belajar dari kurikulum sebelumnya.

Di Kurikulum Merdeka Belajar, mata pelajaran IPA dan IPS akan digabung menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Selain itu, ada pula perubahan status beberapa pelajaran, seperti bahasa Inggris yang sebelumnya adalah mapel muatan lokal (mulok) menjadi mapel pilihan.

Satuan pendidikan atau peserta didik juga bisa memilih sekurang-kurangnya satu dari empat mata pelajaran Seni dan Budaya: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari.

Baca Juga:Imbas Kasus Pencabulan, Kemenag Cabut Izin Pesantren Shiddiqiyyah JombangMitigasi Risiko dan Tantangan Global, Pemerintah Terus Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi Nasional

Selain itu, perbedaan menonjol juga terlihat pada jam pelajaran di Kurikulum Merdeka Belajar. Di mana, jam pelajarannya diatur per tahun. Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel guna mencapai jam pembelajaran yang ditetapkan.

Keunggulan

Mengutip dari Buku Saku Kurikulum Merdeka Belajar, berikut keunggulannya:

  • Lebih sederhana dan mendalam
  • Lebih merdeka
  • Lebih relevan dan interaktif

Nah, itu dia informasi mengenai Kurikulum baru yang sudah kamu simak. Bagaimana nih adik-adik, siap mengikuti sistem kurikulum terbaru ini?(*)

0 Komentar