Duta Genre Purwakarta Berperan Menjadi Public Relation Program Keluarga Berencana

PURWAKARTA-Duta generasi yang punya rencana atau Duta Generasi Berencana (Genre), memegang peran penting sebagai Public Relation (PR) program Keluarga Berencana (KB). Tugasnya, untuk menyosialisasikan berbagai program yang digagas oleh pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada acara Grand Final Pemilihan Duta Genre Kabupaten Purwakarta 2022 di Bale Sawala Yudhistira, Selasa (12/7).

“Selain bisa menjadi PR program KB, melalui ajang pemilihan Duta Genre, para anak muda Purwakarta juga diharapkan memiliki pemahaman yang luas berkaitan dengan kesehatan alat reproduksi, antisipasi penyalahgunaan narkoba, pernikahan usia dini dan upaya-upaya menghindari sek bebas,” kata Ambu Anne.

Ia juga berharap, pemilihan Duta Genre ini tidak hanya sebagai ajang seremonial saja, tapi dapat dijadikan sebagai ajang motivasi diri supaya terhindar dari perilaku negatif yang berdampak buruk pada kehidupan remaja.

BACA JUGA: SDIT Cendekia Purwakarta Berkurban Seekor Sapi dan Lima Kambing Tahun Ini

“Mereka harus menjadi penyampai informasi kepada seusia mereka di wilayah masing-masing. Harus menjadi PR dan motivator untuk menyampaikan informasi bahwa pentingnya program-program yang terdapat dalam program keluarga berencana,” ujarnya.

Melaui Duta Genre, generasi muda diharapkan menjadi generasi yang produktif baik secara ekonomi sosial dan budaya yang nantinya akan berdampak pada IPM di Kabupaten Purwakarta.
Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat mengatakan Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

“Dalam wadah ini mengajarkan remaja untuk menyikapi persoalan pernikahan dini, seks pra-nikah dan menjauhi Napza serta pemahaman-pemahaman soal mencegah stunting. Agar menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa,” kata Yayat.

Menurutnya, Duta Genre ini merupakan upaya DPPKB Kabupaten Purwakarta dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Sebagai energi masa depan, remaja memerlukan pembinaan dan penguatan kapasitas agar siap menghadapi tantangan zaman sekaligus mampu membangun keluarga berkualitas dimasa mendatang.

“Ada ratusan generasi muda yang terpilih yang diseleksi menjadi 74 , disaring lagi menjadi 45 besar kemudian disaring lagi menjadi 16 besar, dan Alhamdulillah hari ini sudah hadir semua. Kemudian sampaikan yang 16 besar perwakilan tersebut berasal dari Kecamatan Sukatani 1 orang, Wanayasa 1 orang, BBC 3 orang, Pasawahan 1 orang, Pondoksalam 1 orang, Campaka 2 orang, Purwakarta 2 orang, Darangdan 1 orang, Cibatu 2 orang, Kiarapedes 1 orang dan Bungursari 1 orang,” kata Yayat.(mas/vry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.