Rakyat Menang(is) karena Harga Cabai Naik

Rakyat Menang(is) karena Harga Cabai Naik
0 Komentar

Jika sudah terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi maka bisa dipastikan inflasi akan naik secara signifikan. Kenaikan inflasi di Indonesia dipengaruhi oleh banyak hal namun pada akhir-akhir ini Indonesia mempunyai masalah yang cukup unik yaitu menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa kenaikan harga bahan pangan seperti bawang merah dan cabai-cabaian memberi dampak terhadap inflasi Juni 2022 yang tembus 0,61%, dengan penyumbang inflasi dari cabai mencapai 0,10-024%

Hal inilah yang harus menjadi perhatian bagi pemerintah pusat maupun daerah. Karena kenaikan satu komoditi saja bisa mempengaruhi kestabilan perekonomian di Indonesia.

Pengaruh yang paling besar dirasakan adalah menurunnya daya beli masyarakat serta adanya penurunan pola konsumsi sehingga akan memicu kenaikan inflasi baik inflasi daerah maupun nasional.

Baca Juga:Lapas Membuka Layanan Kunjungan Tatap MukaLowongan PPPK 2022 Ternyata Masih Banyak, Segini Jumlahnya…

Peran pemerintah untuk menstabilkan harga-harga kebutuhan bahan pokok merupakan tugas penting agar tidak ada gejolak di masyarakat yang akan menimbulkan kepanikan. Suplai barang yang cukup dapat meredam harga melambung naik tanpa batas.

Serta peran pemerintah untuk para petani dalam menjaga harga pupuk non subsidi supaya stabil dan tidak mengalami kenaikan juga ketersediaan pupuk susidi yang mampu memenuhi kebutuhan para petani.

Kebijakan yang dimulai dari tingkat petani akan memberikan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.(*)

Oleh: Nita Meiliana Sulastri
(Pegawai BPS Kabupaten Subang)

0 Komentar