Deretan Rekomendasi Kain Batik yang Bagus dan Bikin Nyaman Saat Dipakai

Editor:

Ragam – Selain kaya akan budaya juga keindahan alamnya, batik adalah salah satu kebanggan indonesia. Apalagi, baju batik dikenal sebagai warisan nasional kebanggaan Indonesia.

Tidak perlu takut terlihat jadul saat memakai batik. Sebab, di zaman sekarang sudah banyak model batik yang cantik dan disesuaikan dengan umur. Sebelum memilih batik mana yang akan kamu kenakan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kain batik seperti apa yang bagus agar kamu nyaman saat memakainya.

Deretan Rekomendasi Kain Batik yang Bagus dan Bikin Nyaman

  • Kain Mori

Nama ini cukup terkenal, apakah kamu sudah mendengarnya? kain yang dipakai untuk membungkus jenazah ini ternyata juga jadi salah satu bahan batik yang bagus. Kain ini memang punya permukaan yang halus, sehingga membuat proses pelukisan batik jadi lebih mudah. Serat-serat kain tenun dari kapas ini memang bikin warna batik awet.

Kain mori yang dipakai untuk kain batik ini terdiri dari 2 jenis, yaitu kain blacu alias kain mori yang belum diputihkan. Sementara jenis kedua adalah kain yang sudah melalui proses bleaching atau pemutihan.

  • Kain Katun

Kain katun termasuk menjadi kain yang banyak digemari. Sama seperti kain mori, kain katun terbuat dari serat-serat kapas. Maka tak heran jika kain ini punya tekstur kain yang halus dan sangat lembut. Bukan hanya itu, baju batik dari kain katun juga nyaman dipakai dan tidak membuat gerah.

  • Kain Shantung

Kain shantung, atau kain rayon, ternyata juga dipercaya sebagai bahan batik yang bagus. Dibandingkan katun, kain ini memang punya berat yang lebih ringan

Karakter kain yang dingin membuat kain shantung ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Dalam industri tekstil batik, kain shantung ini kerap dijadikan bahan batik yang bagus untuk jenis batik print dan batik cap. Harga baju batik dari kain ini juga lebih terjangkau dibandingkan katun.

  • Kain Dobby

Kain ini kerap dipakai oleh kalangan menengah ke atas. Karakteristik kain tenun ini memang sangat unik. Tekstur kain ini tergolong lembut, meskipun ada juga beberapa bagian yang terasa kasar.

Proses pembuatan kain yang masih pakai alat tenun tradisional (ATBM) membuat nilai kain dobi ini menjadi mahal.

  • Kain Sutera

Kain sutera termasuk ke dalam jenis bahan batik yang bagus. Tekstur kain yang halus dan ringan. Bukan hanya itu, kain sutera juga punya kesan yang elegan dan bisa kasih efek ‘jatuh’ saat dikenakan.

Sehingga, membuat siluetmu kelihatan makin cantik. Jenis kain ini memang punya nilai jual yang lumayan mahal. Apalagi, dengan motif batik yang bikin baju dari kain ini cocok banget buat menghadiri acara kondangan.

  • Kain Grey

Sesuai namanya, kain grey punya warna abu-abu yang ternyata adalah warna aslinya. Kain yang terbuat dari tenunan benang kapas ini memang tidak melewati proses bleaching terlebih dulu. Kain ini termasuk jenis kain dasar buat pembuatan batik. Kain grey terbagi jadi 3 jenis, yaitu: kain blacu, kain tenun, dan tenun gedhog.

  • Kain Paris

Selain sering dipakai sebagai bahan jilbab, kain paris ternyata juga jadi bahan batik yang bagus. Kain ini memiliki tekstur kain yang lembut dan halus di kulit. Bukan hanya itu, kain ini juga memiliki tekstur yang tipis dan ringan banget. Baju batik dari bahan kain paris juga dipercaya awet dan tahan lama. (blb/yni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.