3 Jenis Obat Ini Wajib Dibawa untuk Perlengkapan Bayi Perjalanan Jauh

Editor:

PARENTING – Perlengkapan bayi perjalanan jauh tentu saja harus dipersiapkan dengan baik saat orang tua mau bepergian semisal liburan bersama keluarga tercinta.

Mengajak anak tercinta yang masih bayi untuk melakukan travelling atau perjalanan jauh untuk mudik atau liburan, tentu saja harus mempersiapkan perlengkapan bayi untuk perjalanan jauh seperti kebutuhan susu, popok, pakaian bayi, dan juga yang tak kalah penting adalah perlengkapan obat-obatan dan vitamin untuk bayi.

Dihimpun dari keterangan Spesialis Ilmu kesehatan Anak, Yoga Devaera via Genpi, menurut penuturannya, bahwa dari perlengkapan bayi yang dibawa, jangan sampai terlupa membawa sejumlah obat-obatan sebagai antisipasi jika bayi nantinya mengalami kelelahan lantaran imun tubuh menurun saat perjalanan jauh seperti liburan.

“Membawa bayi saat mudik sangat rentan membuat dia mengalami kelelahan, sehingga beberapa diantaranya mengalami penurunan imun hingga terserang sakit,” jelas Yoga kepada GenPI.co, Jumat (29/4).

3 Jenis Obat Ini Wajib Dibawa untuk Perlengkapan Bayi Perjalanan Jauh

1. Nasal spray

Nasal spray merupakan obat semprot hidung yang menjadi salah satu obat yang berfungsi untuk mengatasi masalah hidung serta sinus.

Nassal sprat diklaim bisa mengatasi gejala sinusitis seperti dari alergi, bersin, tersumbat dan juga hidung mampet.

2. Paracetamol Bayi

Saat melakukan perjalanan jauh, tentu saja perubahan suhu yang bisa terjadi yang dapat membuat bayi menjadi demam. Untuk itu, sangatn perlu orang tua untuk membawa paracetamol ketika melakukan perjalanan bersama bayi.

Obat yang digunakan adalah biasanya Paracetamol Drops dari Sanmol, dan obat paracetamol bayi jenis lainnya.

Apabila suhu tubuh bayi mencapai 39 derajat, maka hal pertama yang dilakukan adalah memberikan obat paracetamol bayi jika tidak alergi terhadap obat tertentu dan harus juga sesuai dengan anjuran dokter sebelumnya.

3. Obat batuk bayi

Saat liburan membawa bayi, tentu saja beragam Virus dan bakteri bertebaran dimana-mana, hingga menjadikan bayi alergi dan bisa menyebabkan batuk.

Maka harus diperhatikan adalah obat batuk khusus bayi yang harus dibawa sebagai salah satu perlengkapan bayi perjalanan jauh.

Perlu diingat, obat batuk bayi hanya boleh diberikan untuk bayi yang berusia minimal 4 bulan dan tidak sembarang, harus sesuai anjuran dokter dan saran apoteker.

“Penting untuk membawa obat satu ini, sebab batuk bisa menjadi salah satu penyakit yang membuat sang buah hati sulit beristirahat bahkan tidak nafsu makan,” jelas Yoga. (Jni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.