Ampuh! Tips Lolos Ujian Mandiri Masuk PTN

Editor:

Ragam – Jangan bersedih atau berkecil hati jika kamu belum beruntung di jalur SBMPTN sebab masih ada peluang untuk masuk PTN melalui ujian mandiri.

Pastikan kamu mengetahui jadwal pendaftaran dan tes di masing-masing kampus. Bukan hanya itu, meskipun kuota ujian mandiri setiap PTN terbatas, kamu tetap harus optimis dan mempersiapkan diri dengan maksimal.

Ampuh! Tips Lolos Ujian Mandiri PTN, Jika Belum Beruntung SBMPTN 2022

  1. Cari tahu informasi mengenai pelaksanaan ujian mandiri, seringlah mencari informasi tentang pelaksanaan ujian mandiri dari PTN pilihan. Biasanya setiap PTN mempunyai persyaratan seleksi yang berbeda-beda. Jadi dibutuhkan, buatlah catatan mengenai tata cara ujian, syarat ujian, jadwal dan biaya pendaftaran, sampai apa saja yang nantinya akan dibutuhkan ketika hari pelaksanaan.
  2. Pilih prodi sesuai minat dan kemampuan Pada ujian mandiri, beberapa PTN ada yang mewajibkan pesertanya untuk menyertakan nilai UTBK. Maka, kalian harus memilih jurusan sesuai dengan rumpun ilmu yang dipilih saat UTBK. Pastikan kalian memilih prodi yang sesuai dengan minat dan kemampuan, sama seperti saat kalian memilih prodi saat di UTBK. Hal tersebut akan mempermudah, karena seluruh persiapan yang sudah dilakukan selama ini tidak akan terbuang percuma dan kalian pun bisa tetap fokus mengejar target.
  3. Ketahui daya tampung dari PTN pilihan, biasanya ketersediaan daya tampung untuk jalur mandiri adalah maksimal 30% dari kuota daya tampung keseluruhan setiap prodi di PTN. Jumlah 30% ini akan berbeda tergantung PTN dan program studinya. Maka dari itu, pastikan kalian sudah mengecek daya tampung program studi melalui website PTN pilihanmu ya.
  4. Persiapkan persyaratan yang diperlukan, ketentuan ujian mandiri diatur oleh masing-masing PTN, maka syarat yang diperlukan akan berbeda-beda. Kalian tetap harus update informasi mengenai persyaratan yang diperlukan. Siapkan semua berkas jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian mandiri ya.
  5. Pastikan jadwal ujian mandiri yang ingin diikuti, apabila kamu ingin mengikuti beberapa seleksi mandiri PTN di beberapa kampus, maka kamu harus memastikan jadwalnya tidak bersamaan.
  6. Perbanyak latihan soal, supaya tidak gagal untuk kedua kalinya, memperbanyak latihan soal akan membantu kamu dalam menguasai materi. Tidak hanya memudahkan saja, tetapi juga bisa memperlancar dalam menjawab soal saat ujian nanti. Sebagai simulasinya, kamu dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian mandiri tahun lalu. (snd/yni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.