Apa Arti Kata ASEAN? Ini Penjelasannya Lengkap dengan Daftar Negara Member dan Event Terbaru

Apa Arti Kata ASEAN? Ini Penjelasannya Lengkap dengan Daftar Negara Member dan Event Terbaru
Arti kata ASEAN dan member negaranya
0 Komentar

Tentang ASEAN

PASUNDANEKSPRES – Apa arti dari kata ASEAN? ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 (sepuluh) negara di Asia Tenggara.

Setelah mengetahui arti kata ASEAN, pertanyaan berikutnya negara apa saja yang termasuk ke dalam 10 negara ASEAN? Buranai Darusalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam.

Setelah Mengetahui apa arti kata ASEAN dan negara mana saja yang termasuk ke ASEAN, kemudian apa tujuan ASEAN didirikan?

Baca Juga:Cerita Inez Gonzalez Sudah Punya Anak dari Sirajuddin Mahmud Suami Zaskia Gotik Serapan Anggaran di Pemkab Subang Masih Rendah, Semester I Hanya 29,46 Persen

Melansir dari laman resminya, tujuan dibentuknya terangkum dalam pertemuan 5 negara pembentuk yang disebut sebagai Deklarasi Bangkok atau lebih dikenal sebagai Deklarasi ASEAN, yaitu: Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.

Event terbaru yang akan digelar se-ASEAN

Indonesia saat ini akan menjadi tuan rumah untuk pesta olahraga ASEAN Para Games XI 2022 yang akan digelar di Solo, 30 Juli – 6 Agustus 2022.

Semua venue telah siap digunakan untuk pertandingan para atlet difabel dari berbagai negara di kawasan Asia Tenggara.

Atlet-atlet cabang olahraga atletik National Paralympic Committee (NPC) Indonesia telah menyiapkan diri dan siap bersaing untuk meraih medali dalam ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo, Jawa Tengah, pada 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang.

“Cabang atletik NPC Indonesia telah menyiapkan 77 atlet baik putra maupun putri yang akan mengikuti sekitar 200 nomor baik lari, lempar maupun lompat dalam APG XI 2022,” kata Pelatih Kepala Atletik NPC Indonesia, Slamet Widodo, dalam latihan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (18/7/2022).

“Dari 77 atlet cabang atletik yang dipersiapkan, sekitar 30 persen merupakan atlet muda peraih medali emas pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021,” kata Slamet Widodo.

NPC Indonesia selaku tuan rumah menargetkan cabang atletik dapat menyumbangkan 35 medali emas dalam ajang APG XI 2022 di Solo, Jawa Tengah.

 

0 Komentar