Cegah Banjir, Pemkot Bandung Optimalkan Ciko Arena 1 jadi Ruang Publik

Editor:

BANDUNG-Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengoptimalkan fasilitas publik sebagai salah satu cara mencegah banjir. Seperti Ciko Arena 1 yang ada di area situ Otong Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal.

Walikota Bandung Yana Mulyana memaparkan bahwa Ciko Arena 1 tersebut dibangun di lahan hasil penertiban bantaran sungai. Hal tersebut agar mencegah banjir dan menunjang fasilitas ruang publik bagi masyarakat.

“Ciko Arena 1 merupakan kolaborasi berbagai pihak, mulai dari Pemkot Bandung, DPRD Kota Bandung, Sektor 22 Citarum Harum, termasuk masyarakat. Diharapkan kita bisa terus memperbanyak ruang-ruang publik seperti ini, selain kita bisa menjaga lingkungan hidup dan menghadirkan kebermanfaatan bagi masyarakat juga,” jelas Yana selepas menghadiri peresmian Situ Otong kepada wartawan, Senin (25/7).

Ciko Arena 1 yang memiliki luas 1.367 meter persegi ini menjadi komitmen Pemerintah Kota bandung untuk memaksimalkan fasilitas umum. Yakni dengan membuat Aquascape sebagai ekosistem air tawar yang dipadukan dengan seni dekorasi berbagai unsur penunjang.

Di ruang publik Ciko Arena 1 tersebut dibangun taman bawah air (aqua scape) dan pump track. Hal ini sebagai upaya memaksimalkan fungsi Situ Otong sebagai tempat bermain, berolah raga, dan berekreasi dan sarana wisata.

“Mudah-mudahan ruang publik, tepatnya Situ Otong bisa menjadi sumber resapan air dan sumber air yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun dan jangan hanya membangun tapi juga harus dipelihara. Karena ini hasil kolaborasi. Saya yakin kita semua bisa menjaga tempat ini sehingga ini bisa terus membawa manfaat yang banyak dan terus menerus bagi masyarakat Kota Bandung,” tuturnya.

Tak hanya itu, Yana mengutarakan pemerintah Kota Bandung memiliki wacana penerapan teknologi Citarum Harum agar layak minum.

“Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga yang akan coba menerapkan teknologinya,” ungkapnya.
Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Yudi Cahyadi mengapresiasi dan menyambut baik diresmikannya ruang publik baru tersebut.

“Ini adalah mengimplemetasian salah satu visi Kota Bandung yaitu nyaman. Pemanfaatan tata ruang kota Bandung maka area-area publik seperti ini sangat dibutuhkan,” kata Yudi. Ia berharap, pembangunan ruang ruang publik ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

“Hal yang sudah ditorehkan oleh Pemerintah Kota Bandung dengan kolaborasinya dengan berbagai pihak ini bisa kemudian dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat kota Bandung,” pungkasnya.(je/sep)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.