Manfaat Permen Karet untuk Orang Dewasa! Meningkatkan Fokus hingga Kesehatan Mental

Editor:

Manfaat Permen Karet untuk Orang Dewasa! Meningkatkan Fokus hingga Kesehatan Mental

RAGAM – Manfaat permen karet ternyata bisa meningkatkan fokus dan juga untuk kesehatan mental seseorang yang mengkonsumsi permen karet tidak berlebihan.

Mengunyah permen karet tentu menyenangkan bagi sejumlah orang. Sebab diketahui dengan mengunyah permen karet, secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan mood ketika beraktivitas.

Akan tetapi dalam sejumlah kasus, ada saja orang yang tak sengaja menelan permen karet.

Manfaat Permen Karet Tak Terduga! Meningkatkan Fokus hingga Kesehatan Mental

 

 

Manfaat Permen Karet untuk Orang Dewasa! Meningkatkan Fokus hingga Kesehatan Mental (via unsplash)
Manfaat Permen Karet untuk Orang Dewasa! Meningkatkan Fokus hingga Kesehatan Mental (via 

Dalam sejumlah studi menunjukan, bahwa mengunyah permen karet sembari melakukan pekerjaan lainnya, bisa meningkatkan sejumlah aspek pada fungsi otak.

Peningkatan fungsi otak tersebut seperti:

  • Meningkatkan kewaspadaan,
  • Daya ingat,
  • Pemahaman
  • Dan membuat keputusan.

Pada sebuah studi, dilansir dari Healthline, dikatakan bahwa bagi orang yang mengunyah permen karet sembari melewati sejumlah rangkaian tes, memperlihatkan adanya peningkatan sebesar 24 persen ketika menjalani uji daya ingat jangka pendek, 36 persen lebih baik pada daya ingat jangka panjang.

Lalu, pada penelitian lain disebutkan bahwa mengunyah permen karet ketika melakukan aktivitas dapat gangguan konsentrasi (terjadi di awal), tetapi bisa membantu untuk fokus apabila dilakukan dalam waktu yang lama.

Studi lainnya pun menyebut bahwa mengunyah permen karet, paling tidak dalam kurun waktu 2 minggu lamanya, bisa membantu meredam stress, terlebih stress akibat tuntutan akademis

Apakah Bahaya Makan Permen Karet?

Permen karet memiliki tekstur yang mudah lengket, hingga kita berfikir bahwa berbahaya jika tertelan ke dalam pencernaan.

Menurut ahli, pada dasarnya menelan atau tertelan permen karet tidaklah membahayakan, walaupun sangat tidak anjurkan melakukannya.

“Menelan permen karet secara umum tidak menyebabkan bahaya tertentu,” kata dr. Irna Cecilia seperti dilansir via FIN dari Alodokter.

“Permen karet memang tidak dapat dicerna dengan baik di dalam saluran cerna, namun permen karet tidak akan menyebabkan perlengketan ataupun menempel pada saluran cerna,” terang dr. Irna Cecilia.

Saat permen karet dicerna tubuh, nantinya dikeluarkan lewan poop, baik sebagian atau dalam keadaan utuh.

Perlu diingat, pada kasus tertentu, tertelan permen karet memang dapat membahayakan.

“Pada kasus yang sangat jarang, menelan permen karet dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sumbatan pada saluran cerna, karena itu tetap tidak disarankan untuk menelan permen karet,” pungkas dr. Irna.(Jni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.